Sabtu, 1 November 2014

Tiga daerah di Bali rawan krisis air

| 3.511 Views
id krisis air bersih, tangki air, musim kemarau
Tiga daerah di Bali rawan krisis air
Ilustrasi--Sejumlah warga antre untuk mendapatkan air bersih. (FOTO ANTARA/Jafkhairi)
Denpasar (ANTARA News) - Dinas Sosial Provinsi Bali mengirimkan satu tangki air untuk mengatasi krisis air minum yang terjadi di beberapa kawasan di Pulau Dewata salah satunya di Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

"Tim kami telah meluncur untuk membawa bantuan tangki air yang sebelumnya berada di Desa Kubu Karangasem untuk didistribusikan kepada masyarakat di Desa Julah," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Ketut Susrama, di Denpasar, Kamis.

Dia mengungkapkan bahwa tangki air itu memiliki kapasitas sebanyak 5.000 liter air bersih.

Pemerintah telah memetakan tiga daerah rawan krisis air minum di Bali yang membutuhkan penanganan di antaranya Kabupaten Karangasem yakni di Kecamatan Kubu dan Seraya, kemudian Kabupaten Klungkung di kawasan Nusa Penida, dan Kabupaten Buleleng di kawasan timur dan barat.

Menurut dia, memasuki musim kemarau, pihaknya telah menyiagakan lima unit tangki yang setiap saat bisa dikerahkan. Satu unit tangki tersebut di tempatkan di Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung termasuk Nusa Penida (2), dan di provinsi (2).

Mobil tangki air itu akan bergerak ke beberapa kawasan yang mengalami krisis air.

Nantinya pemerintah kabupaten dan kota yang bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) diharapkan melanjutkan pengiriman air ke wilayah yang mengalami krisis dengan cepat dan tanggap untuk memunuhi kebutuhan masyarakat.

Musim kemarau dinilai telah memicu terjadi krisis air bersih untuk konsumsi masyarakat di kawasan itu.

Di Desa Julah tepatnya di Dusun Batu Gambir, Kecamatan Tejakula, misalnya warga telah mengalami kesulitan untuk mendapat air dan terpaksa mengantre untuk mendapatkan air di salah satu pompa air di desa yang terletak di timur Buleleng.***3***

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga