Minggu, 21 September 2014

Pemkab Pandeglang siapkan SDM dukung KEK pariwisata

Jumat, 7 September 2012 19:23 WIB | 2.079 Views
Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menyiapkan sumber daya manusia untuk mendukung kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di daerah itu.

"Kami akan menyiapkan SDM di bidang kepariwisataan yang handal, yang siap bekerja ketika KEK sudah terbentuk," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Abdul Azis di Pandeglang, Jumat.

Ia mengatakan guna mencetak tenaga kepariwisataan yang handal itu, Pemkab Pandeglang akan membuka unversitas dengan jurusan khusus kepariwisataan bekerja sama dengan beberapa univesitas terkenal, di antaranya Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Sahid Jakarta.

Pada tahap awal, kata dia, diberi kesempatan bagi 500 lulusan sekolah menengah atas (SMA)/sederajat di Kabupaten Pandeglang untuk mendaftar, dan saat ini pendaftaran sudah dibuka.

Untuk penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pandeglang, yang juga menjadi salah satu tempat untuk kegiatan perkuliahan.

"Kami telah menyediakan tiga tempat untuk kegiatan perkuliahan, yakni di gedung SMKN 1, SMKN 2 dan SMKN 3 Pandeglang," katanya.

Azis juga memastikan pembukaan perguruan tinggi oleh pemkab tersebut, tidak akan mematikan perguruan tinggi yang telah ada di daerah tersebut, karena jurusan yang akan dibuka akan berbeda.

"Kami akan membuka jurusan yang tidak perguruan tinggi lain di Pandeglang, tidak ada, jadi saya pastikan keberedaan perguruan tinggi yang kita bukan tak akan menyaingi atau mematikan perguruan tinggi yang telah ada," ujarnya.

Mengenai biaya, menurut dia, tetap ada, namun dipastikan akan terjangkau oleh masyarakat Pandeglang.

"Motivasi kita membuka perguruan tinggi itu, semata karena ingin menyediakan tenaga siap pakai yang akan dibutuhkan setelah KEK pariwisata di bangun," katanya.

KEK pariwisata akan dibangun di kawasan wisata Pantai Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Kawasan ekonomi khusus pariwisata tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan `master design` pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.

Menurut dia, kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lainnya seperti Pantai Carita.

Kawasan ini, kata dia bahkan memiliki `culture heritage` karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

"Kawasan itu akan dibangun di area seluas 1.300 hektare, di dalamnya akan dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan, termasuk hotel dengan berbagai kelas, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata dan sarana pendukung lainnya," katanya.
(S031/M008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga