Kamis, 31 Juli 2014

Kementan fokus bibit tingkatkan produksi pangan

Jumat, 7 September 2012 21:06 WIB | 3.980 Views
Kementan fokus bibit tingkatkan produksi pangan
Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian (Kementan) memfokuskan upaya peningkatan produksi pangan dalam jangka pendek dengan program ketetapan waktu dan jumlah pemberian bibit, serta pengendalian pascapanen.

"Jangka pendek ini terutama untuk beras, pemerintah berupaya memberi bibit kepada petani dengan tepat baik waktu maupun jumlah," kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan kepada ANTARA pada sela-sela seminar industri pupuk di Jakarta, Jumat.

Hal itu, lanjut dia, akan mencegah ketidakefisienan dan ketidakefektifan dalam penyaluran bantuan pemerintah.

Selain ketepatan pemberian bibit, lanjut dia, Kementan juga mengupayakan pengendalian pascapanen dengan mengurangi susut, setidaknya dari 15 persen menjadi lima persen.

"Jika susutnya bisa dikurangi, menjadi peningkatan produksi pangan juga kan," ujarnya. Pengendalian pascapanen dilakukan dengan mekanisasi dan cara tradisional, tambahnya.

Rusman juga menekankan peran penting penyuluh yang harus lebih intensif dalam membimbing petani, terkait luas lahan dan informasi mengenai waktu bertani.

"Informasi dari penyuluh mengenai waktu dan lahan ini bagi petani, termasuk soal pemupukan. Sayangnya kadang-kadang ketika diperlukan petani, penyuluh juga tidak ada" kata Rusman.

Begitu juga dengan sosialisasi mengenai penggunaan kalender tanam kepada petani perlu terus diupayalan, kata Rusman. "Mbok ya, kalender tanam yang kita buat dipertimbangkan," ujar Rusman.

Dia menegaskan rencana jangka pendek tersebut sebagai tanggung jawab pemerintah untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi terkait krisis pangan.
(SDP-55/R016)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga