Sabtu, 1 November 2014

Kemarau untungkan petani mangga Indramayu

| 4.906 Views
id mangga, buah mangga, mangga indramayu, mangga ekspor
Kemarau untungkan petani mangga Indramayu
Seorang pedagang menata buah mangga dagangannya di tepi jalur pantura Lohbener - Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (14/8). (FOTO ANTARA/Dedhez Anggara)
Perawatan pohon mangga sederhana dan hemat biaya, karena hanya modal awal untuk bibit, sekitar usia delapan tahun mulai bisa menghasilkan, panen bisa dua kali setahun,"
Indramayu (ANTARA News) - Kemarau berkepanjangan ternyata cukup menguntungkan sejumlah petani mangga di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, karena produksi meningkat sehingga hasil panen melimpah.

Rastim pemilik kebun mangga di Indramayu kepada wartawan, Jumat mengatakan, musim kemarau berkepanjangan sangat menguntungkan petani mangga karena produksi mangga meningkat, panen melimpah diperkirakan harga akan stabil terutama pasar ekspor.

Ia menjelaskan, hujan dan kemarau bagi petani Pantura Indramayu tetap menguntungkan, kini giliran petani mangga yang akan mendapatkan keuntungan karena pohon mangga berbuah dengan maksimal, namun sebaliknya produksi padi menurun akibat kekeringan gagal panen.

Lahan pertanian di daerah Pantura Kabupaten Indramayu merupakan tadah hujan, hanya bisa ditanami musim penghujan karena memaksakan tanam saat kemarau sering gagal panen, padahal mengembangkan mangga membantu meningkatkan kesejahteraan mereka, karena cocok ditanam sepanjang pesisir pantai.

"Perawatan pohon mangga sederhana dan hemat biaya, karena hanya modal awal untuk bibit, sekitar usia delapan tahun mulai bisa menghasilkan, panen bisa dua kali setahun," katanya.

Sementara itu Hasim pemilik kebun mangga lain mengaku, pohon mangga cocok dan potensial dikembangkan di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, sehingga menguntungkan petani karena mudah dan ekonomis perawatannya, kini permintaan ekspor semakin tinggi, sehingga harga bertahan meski panen melimpah.

Ir Anang Kepala Seksi Kelembagaan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu menuturkan, kemarau berkepanjangan menguntungkan petani pemilik kebun mangga karena produksi mereka meningkat, namun sebaliknya petani padi gagal panen akibat kekeringan.

(KR-EJS/M009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga