Rabu, 3 September 2014

Presiden bertemu Presiden Rusia dan China

Sabtu, 8 September 2012 07:28 WIB | 5.124 Views
Vladivostok, Rusia (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu pagi dijadwalkan bertemu dan melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Hu Jintao.

Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada wartawan di Vladivostok, Rusia, mengatakan kepala negara di sela-sela pertemuan tingkat tinggi APEC di Rusia 2012 bertemu dengan Vladimir Putin dan Presdien Hu Jintao.

"Pertemuan dengan Presiden Hu Jintao berlangsung pada pukul 10:30 waktu setempat dan kemudian bertemu dengan Presiden Putin pada 11:30 waktu setempat," katanya.

Julian menambahkan, selain bertemu dengan pemimpin Rusia dan China, Presiden Yudhoyono juga akan bertemu dengan pengusaha bidang energi dan transportasi dari Rusia.

Presiden bertemu dengan Vladimir Strzhalkovsky, CEO Norilsk Nickel dan Oleg Deripashka, CEO RUSAL Corporation yang bergerak di sektor pertambangan dan energi sumber daya mineral dan dijadwalkan pula pertemuan dengan Mikhail Pogosyan, CEO United Aircraft Corporation dari sektor penerbangan.

Sementara itu mengenai pandangan Indonesia dalam KTT APEC 2012 kali ini, Julian mengatakan Presiden Yudhoyono akan menyampaikan pentingnya peningkatan capaian kerjasama APEC dari yang telah terjalin selama ini.

"Posisi Indonesia nanti yang akan disampaikan oleh Presiden, sejauh ini capaian yang sudah ada di APEC dipandang berjalan dengan baik tinggal melihat kemungkinan pengembangan hal-hal yang telah ada semakin baik," kata Julian.

Mengenai krisis Eropa, Julian mengatakan tidak akan dibahas khusus dalam forum APEC namun Indonesia berpandangan bahwa untuk mengurangi dampak krisis ekonomi global terhadap perekonomian negara-negara anggota APEC maka perlu dikedepankan pembangunan yang inklusive dan merata di kawasan dan juga memberikan perhatian kepada perekonomian negara-negara anggota APEC secara ekonomi masih belum berkembang dengan baik.

Pertemuan pemimpin APEC 2012 akan dimulai pada Sabtu (8/9) pukul 14:30 waktu setempat dan berlangsung hingga pukul 16:45. Pertemuan para pemimpin APEC kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog bersama APEC Bussines Advisory Council (ABAC).

Pada Sabtu malam akan dilangsungkan jamuan makan malam yang dihadiri oleh Presiden dan Ibu negara dari seluruh anggota APEC dan berlangsung hingga pukul 21:30 waktu setempat.

Pada Minggu (9/9) sesi diskusi pimpinan APEC akan dilanjutkan dimulai pukul 11:00 waktu setempat hingga 12:45 waktu setempat kemudian foto bersama para pimpinan APEC dan working lunch hingga pukul 15:00 waktu setempat sebelum kemudian dilakukan penutupan KTT APEC 2012.

Dikutip dari situs Kemlu RI Isu-isu yang dibahas dalam APEC ini dititikberatkan pada liberalisasi perdagangan dan investasi, integrasi ekonomi regional, peningkatan ketahanan pangan, membangun rantai pasokan yang bisa diandalkan dan kerjasama intensif untuk mendorong pertumbuhan inovatif.

Di hari pertama KTT APEC (8/09), para pemimpin Ekonomi APEC akan membahas mengenai liberalisasi perdagangan dan investasi, serta integrasi ekonomi demi untuk mendorong pertumbuhan yang berkeadilan dan berkelanjutan, dan membangun rantai pasokan yang bisa diandalkan.

Sedangkan di hari kedua (9/9) akan diusung tema Menjamin Ketahanan Pangan dan Mendorong Pertumbuhan yang Inovatif. Dalam jamuan makan siang, para pemimpin Ekonomi APEC ini akan membahas situasi ekonomi di dunia dan di Asia dan Pasifik.

(P008/F001)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga