Selasa, 23 September 2014

YPS tanami 3.000 bibit terumbu karang

Minggu, 9 September 2012 22:19 WIB | 2.875 Views
YPS tanami 3.000 bibit terumbu karang
Ilustrasi (antarabali.com)
Denpasar (ANTARA News) - Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) didukung Club Aqua telah menanam sedikitnya 3.000 bibit terumbu karang untuk peremajaan dan pelestarian habitat ikan di perairan Pantai Sanur hingga Semawang, Bali.

Ida Bagus Agung Partha, pemilik Club Aqua yang mengoperasikan aktivitas penyelaman Sea Walker, Minggu, mengatakan, selama 10 tahun terakhir pihaknya bekerja sama dengan YPS melakukan penanaman kembali terumbu karang.

"Kami juga melibatkan wisatawan untuk melakukan penanaman terumbu karang yang menjadi aktivitas menarik di sela liburan mereka di Bali," kata Agung Partha yang akrab disapa Gus Agung.

Kegiatan menanam langsung bibit terumbu karang di perairan Sanur dapat dilakukan setiap hari, selain itu juga pihaknya mempunyai program khusus "coral plantation" bekerja sama dengan Sanur Village Festival (SVF) yang digelar YPS sejak 2006, dan dijadwalkan digelar kembali, 26--30 September 2012.

Gus Agung berharap hasil "coral plantation" ke depan dapat dinikmati masyarakat, terutama wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut perairan Sanur.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Denpasar, Anak Agung Gde Bayu Brahmasta, mengatakan, upaya penanaman karang laut ke depan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

"Ikan akan datang dan menjadikannya rumah tinggal serta dapat berkembang biak sehingga nelayan yang dapat merasakan dampakny secara langsung.Sedangkan di sektor pariwisata tentu akan meningkatkan nilai tambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi perairan bawah laut dengan keindahan biotanya," ujarnya.

Pemanfaatan sumber daya alam itu bukan merusak, tapi bagaimana menjadikannya kegiatan pelestarian dan perlindungan yang berkelanjutan.

"Pemerintah bersama masyarakat dan instansi swasta dapat terlibat aktif dalam upaya meremajakan terumbu karang melalui kerja sama pengetahuan, teknis, serta penyediaan media pengembangbiakkan," ucapnya.

Ketua Panitia SVF VII Ida Bagus Sidartha Putra mengatakan, penanaman terumbu karang sangat penting dilakukan secara berkelanjutan. Kemitraan yang dijalin antara masyarakat, YPS dan Club Aqua terus dilanjutkan untuk menjangkau wilayah perairan yang lebih luas.

"Sanur village Festival yang merupakan momentum perayaan masyarakat di wilayah ini patut diberikan apresiasi sebagai penanda bagaimana penanaman terumbu karang telah memberikan kesadaran di hati mereka untuk selalu berbuat baik bagi kelestarian alam," katanya.
(KR-IGT/M009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga