Jumat, 31 Oktober 2014

Liverpool akan bangun pusat pendidikan di Manado

| 3.455 Views
id liverpool, pusat pendidikan, pelatihan olah raga
Kami di sini untuk mempercepat penandatanganan MOU, begitu ditandatangani, maka banyak yang bisa langsung dilakukan."
Manado (ANTARA News) - Staf Ahli Wali Kota Liverpool Inggris, Alexander Melbourne mengatakan, segera mendirikan pusat pendidikan dan perdagangan di Manado.

"Kami akan menghubungkan pendidikan di Manado dengan Liverpool agar bisa mentranfer ilmu dari Liverpool ke kota ini," kata Melbourne, di Manado, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya akan memulai dari pendidikan internasional dengan perguruan tinggi di Manado, sekaligus mengatur pertukaran pendidikan dengan universitas di Liverpool.

Melbourne menyebutkan, tiga perguruan tinggi di Manado, yakni Universitas Samratulangi (Unsrat), Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Universitas Katolik De La Salle bisa datang ke Liverpool.

"Sudah ada dua delegasi yang belajar di sana dan dari Liverpool juga akan datang ke Manado, untuk bertukar ilmu," kata Melbourne.

Setelah pendidikan, ia menambahkan, olahraga menjadi prioritas didirikan di Manado. Mereka punya dua klub sepak bola kelas dunia yakni Liverpool dan Everton, jadi nanti akan membuka sekolah olahraga di Manado.

"Kami di sini untuk mempercepat penandatanganan MOU, begitu ditandatangani, maka banyak yang bisa langsung dilakukan," kata Melbourne.

Melbourne menambahkan kemungkinan Oktober nanti Wali Kota Liverpool Joe Anderson akan datang ke Manado, pada saat pembukaan sekolah sepak bola di Manado.

Ia menambahkan, jika nanti perjanjian kerjasama sudah resmi ditandatangani, maka selain pendidikan, perdagangan dan olahraga, pariwisata serta tentang lingkungan hidup juga akan dikerjasamakan.

"Dengan kerjasama yang terjalin, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, karena Liverpool maju dalam bidang pariwisata dan menjalin kerjasama kota kembar dengan Shanghai, New York dan Calau," katanya.

Dengan begitu menurut Melbourne, Manado juga akan punya kesempatan untuk bekerjasama dengan New York sebagai salah kota terbesar di dunia, Calau kota paling dinamis di Jerman dan Shanghai yang tersukses di China.

"Ini adalah hal yang baik, jadi apa yang kami lakukan adalah menjadikan Manado kota internasional dengan membawa kesempatan tersebut ke sini," kata Melbourne. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga