Jumat, 1 Agustus 2014

ADB fokus garap proyek efisiensi energi di Indonesia

Rabu, 12 September 2012 16:54 WIB | 2.468 Views
ADB fokus garap proyek efisiensi energi di Indonesia
Direktur Jenderal Departemen Pembangunan Berkelanjutan ADB Seethapathy Chander. (ANTARA News/Maryati)
Bangkok (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) akan fokus menggarap proyek-proyek efisiensi energi di Indonesia.

"Di Indonesia kami sedang melakukan studi untuk beberapa proyek. Kami lebih fokus pada peningkatan efisiensi dari proses produksi (energi) yang sudah ada," kata Direktur Jenderal Departemen Pembangunan Berkelanjutan ADB Seethapathy Chander di sela Clean Energy Expo Asia (CEEA) 2012 di Bangkok, Rabu.

Menurut dia, ADB antara lain punya inisiatif untuk menghubungkan Serawak di Malaysia dengan Sabah di Pulau Kalimantan untuk memasok listrik dengan harga yang lebih murah bagi wilayah Indonesia di pulau itu.

"Pembangunan pipa gas yang menghubungkan Malaysia, Singapura dan Indonesia adalah inisiatif kedua kami," tambah Chander, yang bergabung dengan ADB sebagai pakar energi untuk berbagai proyek di Bangladesh, India, Maladewa dan Laos.

ADB menitikberatkan dukungannya pada upaya penyediaan energi yang efisien untuk sejumlah daerah karena sampai sekarang harga listrik di sebagian daerah pedalaman Indonesia masih tinggi.

"Tapi selain itu kami juga mendukung proyek penyediaan listrik untuk daerah pedalaman dengan tenaga angin maupun biofuel, karena di daerah yang subur seperti di Indonesia produksi listrik tenaga surya yang butuh lahan luas tidak selalu efisien. Akan lebih baik kalau lahan daerah subur itu digunakan untuk kegiatan produktif lain seperti pertanian," jelas Chander.

ADB, lanjut dia, juga menggarap proyek produksi energi dengan tenaga panas bumi di Indonesia. Dalam proyek itu ADB antara lain menggarap proyek Sarulla Geothermal, pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sumatera Utara, dengan menyediakan pinjaman sekitar 250 juta dolar AS.

Setelah proyek penyediaan energi untuk daerah pedalaman dan pengembangan produksi listrik tenaga panas bumi di Indonesia, kata dia, ADB akan melakukan upaya berlanjut untuk mendukung pengembangan energi bersih dan energi terbarukan di Indonesia.

"Perlahan kami ingin meningkatkan peran di Indonesia," demikian Chander Seethapathy.

(M035)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga