Sabtu, 1 November 2014

Pemkab Gresik siapkan pemerataan air bersih

| 1.463 Views
id pemberian air bersih, musim kemaraua, pemkab gresik, jatim
Pengiriman 500 truk tangki berkapasitas 5 ribu liter itu kita lakukan secara bertahap, dan setiap harinya kita mengirimkan 10 truk tangki berbagai wilayah yang terkena kekeringan,"
Gresik (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akan menyiapkan pemerataan air bersih di wilayah itu pada awal tahun 2013.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Rabu mengatakan pemerataan itu disampaikan setelah beberapa waktu lalu pemkab melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Dewata Bangun Tirta dan PT Drupadi tentang penyediaan air bersih.

"PT Dewata Bangun Tirta menjanjikan memasok air berasih ke Kabupaten Gresik pada akhir Nopember 2012, sedangkan PT Drupadi pada 1 Januari 2013, jadi pada awal tahun semua wilayah akan teraliri air bersih," katanya.

Menurut dia, upaya pemerataan air bersih di seluruh wilayah Gresik itu juga menjawab keluhan masyarakat di sejumlah wilayah yang kekurangan pasokan air bersih.

Termasuk, keluhan yang disampaikan warga Balopanggang yang sangat membutuhkan air bersih karena sejumlah telaga dan sumber air di desa itu mengalami kekeringan.

"Untuk pemerataan air di wilayah Balongpanggang, saat ini telah dilakukan pembangunan sambungan pipa PDAM, dan kita harapkan bisa digunakan dalam waktu dekat," katanya.

Sementara untuk antisipasi jangka pendek mengatasi kekurangan air bersih, pemkab telah memberikan bantuan air bersih melalui truk tangki berkapasitas 5 ribu liter, dan telah dilaksanakan sejak bulan puasa lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Gresik, Hari Sucipto mengatakan, total bantuan air bersih yang akan diberikan mencapai 500 truk tangki, dan masing-masing berasal dari pemkab 300 tangki serta Pemprov Jatim 200 tangki.

"Pengiriman 500 truk tangki berkapasitas 5 ribu liter itu kita lakukan secara bertahap, dan setiap harinya kita mengirimkan 10 truk tangki berbagai wilayah yang terkena kekeringan," katanya.
(KR-SAS/M026)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga