Jakarta (ANTARA News) - Mencegah penyakit jantung tidak perlu biaya mahal. Cukup  dengan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Hal itu dikatakan Ketua Yayasan Jantung Indonesia, dr. Dewi Andang Joesoef, pada jumpa pers 'Allianz Jakarta Heart Run 10K' di Jakarta, Rabu.

Dewi mengatakan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mengepel, atau pun berkebun, merupakan kegiatan fisik yang dapat menyehatkan jantung.

"Lakukan kegiatan ini setidaknya 30 menit, lima kali dalam seminggu. Tidak perlu waktu lama dan biaya yang mahal, namun pekerjaan rumah tangga adalah kegiatan fisik yang sama seperti berolah raga," kata Dewi.

Selain pekerjaan rumah, makanan sehat yang banyak mengandung banyak serat serta rendah kandungan garam, dapat membantu jantung agar menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

"Tubuh kita hanya memerlukan garam maksimum satu sendok teh takaran, setiap harinya," ujar Dewi.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga perlu dilakukan sebagai kontrol pola hidup, dan mengetahui batasan-batasan pola makan yang harus diperhatikan.

"Jenis pemeriksaan rutin yang diperlukan adalah pemeriksaan berat badan, indeks masa tubuh, tekanan darah, dan gula darah," imbuh dia.

Untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat, Dewi mengimbau agar supaya masyarakat menghentikan kebiasaan merokok dan menghisap tembakau, karena hal ini dapat merusak jantung dan paru-paru.

(M048)