Jumat, 31 Oktober 2014

ICBC upaya menghadapi perubahan globalisasi di Indonesia

| 3.770 Views
id konferensi internasional bisnis dan komunikasi, krisi global, krisis eropa, unika atmajaya
Jakarta (ANTARA News) - Konferensi bertaraf Internasional dalam bisnis dan komunikasi yang diselenggarakan olek komunitas Atma Jaya ini dikenal dengan ICBC (International Conference Business and Communication) dimaksudkan sebagai upaya menghadapi perubahan globalisasi di Indonesia.

ICBC akan diadakan pada 19--20 September 2012 di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, dan mengangkat tema "Managing Change in Global Context: Toward Sustainable Competitiveness" yang akan dihadiri oleh para akademisi, dosen, professor, dan para CEO perusahaan, serta mahasiswa-mahasiswi jurusan bisnis, ekonomi dan komunikasi dari berbagai universitas ternama, demikian keterangan tertulis panitia diterima, Rabu.

A Prasetyantoko, Ketua LPPM Universitas Atma Jaya mengatakan, "Di era globalisasi ini, persaingan di dalam dunia bisnis semakin tinggi. Para pemilik modal asing telah menguasai dunia bisnis dan ekonomi kreatif dalam negeri. Perusahaan semakin sulit untuk mengelola perubahan yang terjadi secara global. Perubahan yang kini sangat cepat dan tidak terduga merupakan tantangan yang besar bagi manajemen perusahaan".

Dalam konferensi internasional The Second ICBC  akan dibahas mengenai apa saja efek dan pengaruh globalisasi dalam dunia bisnis dan ekonomi dari berbagai perspektif. Mulai dari perspektif para pemegang modal di Asia hingga Eropa, maupun perspektif dari kalangan para akademisi.

"Dalam menangani perubahan karena pengaruh globalisasi dibutuhkan penanganan yang dinamis dan kreatif. Hal inilah yang akan dibahas dalam The Second ICBC," kata Dr Dorien Kartikawangi, Ketua Panitia The Second ICBC.

Selain itu The Second ICBC juga turut menghadirkan berbagai narasumber nasional maupun internasional, seperti Ali Mundakir (Vice President Corporate Communication of PT Pertamina) dan Jerry J. Justianto (CEO Masima Gorup – Praktisi Industri Media) yang akan hadir sebagai pembicara di session-session The Second ICBC. Juga para akademisi dari berbagai universitas seperti Unika Atmajaya, Miriam College-Philippines. University of Aveiro-Portugal, dan Westfälische Hochschule University of Applied Sciences-Germany.

Untuk mengembangkan kreativitas para mahasiswa di bidang bisnis, ekonomi, maupun komunikasi akan dibuka kompetisi Student Forum. Student Forum adalah bagian dari The Second ICBC. Student Forum kali ini melombakan Business Plan Competition yang bertemakan "My Business, My Passion".

Business plan yang dilombakan haruslah sebuah business plan yang legal dan original (bukan plagiat). Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh Universitas. Pemenang yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sejumlah Rp5 juta untuk pemenang pertama, Rp3 juta dan Rp2 juta untuk pemenang kedua dan ketiga. (*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga