Sabtu, 1 November 2014

Pangeran William-Kate tiba di Malaysia

| 3.935 Views
id william, kate, Pangeran william, chtherine, kerajaan inggris, kunjungi malaysia,
Pangeran William-Kate tiba di Malaysia
Duchess of Cambridge, Catherine, bersama Pangeran William. ( REUTERS)
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pangeran William dan istrinya Catherine dari kerajaan Inggris Kamis tiba di Malaysia pada persinggahan kedua lawatan pasangan itu ke Asia Tenggara dan Pasifik.

Duke dan Duchess of Cambridge, William dan Kate, tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada sekitar tengah hari dan melanjutkan perjalanan ke kediaman resmi Perdana Menteri Malaysia Najib Razak untuk acara santap siang yang diselenggarakan oleh Najib dan istrinya, Rosmah Mansor.

Pasangan kerajaan kemudian mengunjungi Hospis Malaysia, satu organisasi amal yang menawarkan Perawatan Paliatif profesional kepada pasien-pasien yang menderita penyakit yang membatasi hidup itu.

Kendati fungsi itu tidak terbuka untuk umum, namun William dan Kate disambut oleh beberapa penduduk setempat dan anak-anak dari taman kanak-kanak di dekatnya.

Shana dan Evelyn menempuh perjalanan sepanjang jalan dari Subang di pinggiran Kuala Lumpur ke Hospis, berharap untuk menyaksikan langsung wajah pasangan kerajaan Inggris itu.

"Saya sangat mengagumi Kate," kata Shana, "karena dia Cinderella yang menikah dengan sang pangeran."

Kate menyampaikan pidato pertamanya sebagai anggota kerajaan di luar Inggris di Hospis, menunjukkan dukungan kepada para pasien.

"Ini adalah tempat yang sangat istimewa dan begitu banyak yang sudah dicapai. Ini adalah pertemuan indah para pasien, keluarga dan semua staf di sini," katanya.

Acara terakhir William dan Kate Kamis adalah makan malam resmi yang diselenggarakan oleh Abdul Halim, Kepala Negara Tertinggi di Malaysia, di malam hari di istana nasional.

Pasangan kerajaan dijadwalkan menghadiri acara budaya di satu taman pusat kota pada Jumat pagi, di dekat ikon Menara Kembar Petronas Malaysia.

Mereka juga akan menghadiri makan siang bisnis yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Malaysia-Inggris, di mana Pangeran William akan berbicara mengenai hubungan bilateral antara kedua negara, sebelum bergabung dengan satu pesta minum teh kerajaan di kediaman Komisaris Tinggi Inggris untuk Malaysia.

Setelah jadwal di Kuala Lumpur, pasangan akan terbang ke negara bagian Sabah di Malaysia timur untuk menyaksikan hutan hujan jauh di pedalaman.

William dan Kate tiba di Malaysia setelah mengunjungi Singapura tetangganya.

Keduanya dalam lawatan ke empat negara untuk merayakan kenaikan tahta ke 60 tahun (Diamond Jubilee) Elizabeth II.

Mereka dijadwalkan untuk mengunjungi Kepulauan Solomon dan Tuvalu setelah perjalanan ke Malaysia, demikian Xinhua 

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga