Morotai (ANTARA News) - Peluncuran dua roket menandai dimulainya deklarasi Generasi Muda Insan Bahari Indonesia di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Jumat.

Deklarasi dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Bumi Perkemahan Pramuka Desa Juanga Kabupaten Pulau Morotai.

Peluncuran roket tersebut menarik perhatian para undangan dan peserta termasuk para menteri yang berdiri meninggalkan tenda untuk melhat ke atas langit Pulau Morotai tanpa menghiraukan terik matahari.

Sebelumnya, saat Menko Kesra tiba di lokasi deklarasi disambut Tarian Kapita yang merupakan tari perang dan Tarian barakati dari Tidore yang berarti memohon berkat dari sang khalik.

Generasi Muda Insan Bahari Indonesia (GM IBI) merupakan organisasi kemasyarakatan yang independen dan bervisi maritim yang berorientasi dalam pembinaan dan pengembangan pemuda serta masyarakat dibidang kebaharian.

GM IBI memiliki lima tujuan yaitu sebagai wadah pemersatu insan bahari Indonesia, terbinanya insan bahari yang berwawasan dan berakhlak mulia, melaksanakan giat pengembangan potensi kreatif keilmuan, sosial dan budaya.

Selain itu berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI serta memberikan sumbang saran dan pemikiran kepada pemerintah dibidang kebaharian.

Sementara sasaran GM IBI adalah organisasi kemasyarakatan pemuda bervisi bahari.

(D016)