Minggu, 21 Desember 2014

Suu-kyi akan diberi penghargaan oleh Barack Obama

| 2.718 Views
id aung san suu kyi, obama,, medali kongres
Suu-kyi akan diberi penghargaan oleh Barack Obama
Pemimpin pro demokrasi Aung San Suu-kyi.(REUTERS/Suzanne Plunkett)
... juga ada risiko politik di dalamnya...
Yangon, Myanmar (ANTARA News) - Pejuang demokrasi Myanmar, Aung San Suu-kyi, akan dijamu Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan diberikan penghargaan tinggi dalam kunjungan pertamanya dalam dua dasawarsa terakhir ke negara itu.

Dia akan menerima Medali Kongres, penghargaan tertinggi yang diberikan Kongres Amerika Serikat kepada warga sipil Amerika Serikat dan mancanegara. Medali itu sebetulnya dia dapatkan pada Mei 2008 saat prospeknya meninggalkan Myanmar tampak jauh.

Suu-kyi, yang meninggalkan Mynmar pada Minggu, nanti akan disambut karpet merah selama kunjungan pertamanya ke AS sejak ia memulai kampanye demokrasi di bawah junta pada 1998, dan ia sempat menjadi tahanan rumah bertahun-tahun.

Pemenang Nobel Perdamaian yang terpilih masuk ke parlemen tahun ini dalam penandatanganan dramatis reformasi negara tersebut, akan melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu Obama.

"Ini akan menjadi perjalanan kelas atas bagi Aung San Suu-kyi, yang memiliki kekuatan bintang yang signifikan di Amerika Serikat," kata analis independen untuk Myanmar, Richard Horsey, seraya menambahkan, itu akan jadi kesempatan untuk menunjukkan dukungan internasionalnya.

"Tapi juga ada risiko politik di dalamnya," katanya. 

Tidak seperti perjalanan Suu Kyi tahun ini, di mana ia menerima sambutan meriah, kunjungannya tersebut akan bertepatan dengan kunjungan Presiden Myanmar, Thein Sein, yang seharusnya ada di Amerika Serikat akhir bulan ini untuk menghadiri Sidang Umum PBB.

"Hubungan positif antara Suu-kyi dan Sein penting bagi keberhasilan proses reformasi ke depan," tambahnya.

(C005)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga