Banyuwangi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, akan memasang WiFi (Wireless Fidelity) di seribu lokasi ruang terbuka hijau dan fasilitas publik untuk masyarakat kabupaten setempat.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Sabtu, mengatakan pemasangan seribu WiFi tersebut merupakan salah satu terobosan pemkab untuk menyukseskan program "cyber village" di Banyuwangi.

"Dengan program itu diharapkan program Banyuwangi Cerdas bisa tercapai, sehingga anak-anak yang kurang mampu bisa mengakses informasi melalui internet di tempat-tempat umum," tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, sedikitnya seratus tempat umum di Banyuwangi sudah terpasang WiFi dengan kecepatan akses data masing-masing sebesar 3 mega bites per detik.

"Agar jaringannya tidak lemah, WiFi tersebut menggunakan fiberoptik sehingga kecepatan jelajahnya mencapai 10 mega bites per detik," katanya.

Ia menjelaskan sebagian anggaran pemasangan seribu WiFi itu berasal dari program CSR PT Telokm untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di Banyuwangi.

"Pemasangan WiFi rencananya akan dimulai bulan depan dan pemkab sudah mematangkan rencana pemasangan tersebut di seribu titik di Bumi Blambangan bersama Dirut PT Telkom," ujarnya menambahkan.

Dengan pemasangan WiFi yang jumlahnya mencapai seribu unit di ruang publik tersebut, Kabupaten Banyuwangi akan menjadi kabupaten pelopor dengan jumlah WiFi terbanyak di Indonesia.

Deputi Executive General Manager Divisi Business Service PT Telkom, Prasabri Pesti, sudah menyampaikan rencana implementasi Information & Communication technology (ICT) yang dikemas dalam konsep "Smart City" di Banyuwangi beberapa hari lalu.

(ANTARA)