Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan meningkatkan pertumbuhan perdagangan antara kedua negara pada masa mendatang.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam Vu Huy Hoang di Jakarta, Selasa, melakukan pertemuan Joint Commission on Economic, Scientific and Technical Cooperation (JC-ESTC) ke-6 antara Indonesia dan Vietnam.

"Saya optimis bahwa perdagangan antara Indonesia dan Vietnam akan tumbuh positif pada tahun-tahun mendatang," kata Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam.

Pada pertemuan ke-6 itu, kedua negara antara lain membahas tentang upaya penyelesaian hambatan-hambatan arus perdagangan diantara kedua negara termasuk penerapan kebijakan anti-dumping dan tindak pengamanan.

Keduanya juga membicarakan perkembangan kerja sama di 13 sektor seperti investasi, energi dan sumber daya mineral, pertanian, perikanan, tranportasi, pariwisata, industri, dan konstruksi.

Selain itu kedua menteri secara khusus menyoroti pentingnya kerja sama di pemenuhan energi kedua negara.

Keduanya berkomitmen mendorong perusahaan minyak dan gas kedua negara, yaitu Pertamina dan PetroVietnam, agar dapat secara aktif bekerja sama dengan Petronas Malaysia di bawah payung kerja sama Tripartite Agreement on Oil and Gas yang ditandatangani bulan November 2007.

Pada pertemuan itu Menteri Vu Huy Hoang secara khusus meminta Indonesia tetap memberikan pasokan batu bara (energy-coal) ke negaranya untuk menjamin pemenuhan kebutuhan bahan bakar pembangkit listrik Vietnam.

Sementara Indonesia meminta Vietnam untuk menyuplai Indonesia dengan batu bara jenis anthracite coal.

Di bidang pariwisata, Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam secara khusus juga menyampaikan keinginannya agar Indonesia dapat membantu Vietnam membangun sektor parawisatanya dengan menyediakan tenaga ahli di bidang industri pariwisata dari Bali.

Pertemuan yang dilakukan di auditorium Kementerian Perdagangan Jakarta itu telah berlangsung sejak 17 September 2012, diawali dengan pertemuan tingkat pejabat senior dimana Indonesia diwakili oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Iman Pambagyo.

Pada akhir pertemuan, kedua menteri melakukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman tentang Perdagangan Beras antara kedua negara yang intinya berisi komitmen pemerintah Vietnam untuk memperpanjang masa penyediaan beras kepada Indonesia dari 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2017.

(H016)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012