Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim China mundur dari turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka yang berlangsung pekan ini, demikian menurut pengumuman Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) pada Selasa.

"BWF bisa mengonfirmasi bahwa kontingen China mundur dari Jepang Terbuka. Ini sangat disayangkan, tapi turnamen terus berlangsung," kata Kepala Operasional BWF, Thomas Lund, kepada AFP.

Asosiasi Bulu Tangkis China mengirim surat kepada BWF yang menyatakan bahwa para pemain mereka tidak akan yang turun dalam turnamen yang merupakan rangkaian kedelapan dari Super Series, kata manajer pemasaran Super Series BWF, S.Selvam.

Juru bicara penyelenggara turnamen di Jepang, pada 14 September lalu China menginformasikan kepada BWF bahwa ke-22 pemainnya tidak akan ikut berkompetisi.

Seorang ofisial Pusat Tenis Meja dan Badminton di China mengatakan kepada AFP keputusan untuk menarik tim dari turnamen itu dilakukan untuk menjamin keselamatan pemain di tengah kondisi hubungan China dan Jepang yang sedang memanas karena sengketa kepulauan.     

China dan Jepang sedang terlibat perseteruan menyangkut batas wilayah Kepulauan Diaoyu, pulau kecil yang membentang di kawasan Laut China Timur.

Jepang Terbuka yang dimulai pada Selasa akan berakhir pada Minggu.

Dengan absennya tim China, yang antara lain diperkuat oleh Lin Dan, Chen Jin dan Chen Long, maka unggulan utama Lee Chong Wei dari Malaysia menjadi pemain favorit di Jepang Terbuka.

(A008)