Sabtu, 25 Oktober 2014

Calon haji Sumbar akan terima biaya hidup

| 2.308 Views
id calon jamaah haji, haji, akan terima biaya hidup, mata uang real Saudi, 1.500 real
Calon haji Sumbar akan terima biaya hidup
Petugas sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) melakukan pemeriksaan terhadap paspor calon haji (calhaj) Embarkasi Surabaya di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Selasa (18/9). Pemeriksaan paspor calhaj tersebut dilakukan untuk proses visa ke kedubes Saudi Arabia di Jakarta. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)
Biaya hidup tersebut akan diserahkan kepada masing-masing calon haji begitu sampai di Asrama Haji Tabing dalam bentuk mata uang riyal Saudi,"
Padang (ANTARA News) - Calon haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui embarkasi Padang akan memperoleh biaya hidup sebesar Rp4.500.000 dalam bentuk mata uang Riyal Saudi sebanyak 1.500 Riyal.

"Biaya hidup tersebut akan diserahkan kepada masing-masing calon haji begitu sampai di Asrama Haji Tabing dalam bentuk mata uang Riyal Saudi," kata Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Syamsul Bahri di Padang, Selasa didampingi staf sekretariat PPIH Hami Mulyawan.

Menurut dia, berbeda dengan tahun lalu, pada 2012 biaya hidup sengaja diberikan ketika jamaah baru tiba di asrama untuk mempercepat proses keberangkatan

Pengalaman tahun lalu, biaya hidup diberikan dua jam menjelang keberangkatan sehingga memakan waktu yang cukup lama, lanjut dia.

Oleh karena itu, agar proses keberangkatan lebih cepat tahun ini sengaja dibagikan begitu jamaah tiba di asrama.

Ia mengatakan jumlah tersebut mencukupi bagi jamaah selama berada di Arab Saudi jika diperuntukan untuk pengeluaran rutin sehari-hari seperti untuk makan dan lainnya.

Namun jika ada jamaah yang hendak membeli oleh-oleh untuk dibawa ke Tanah Air jelas uang tersebut tidak cukup, katanya.

Tetapi jamaah tidak perlu khawatir karena dapat menukarkan uang yang mereka bawa dengan real Saudi jika hendak membeli oleh-oleh.

Dijadwalkan, kloter pertama jamaah haji embarkasi Padang akan masuk asrama haji Tabing Padang pada 20 September.

Kloter pertama akan berangkat pada 21 September pukul 11.15 wib dimana sehari sebelumnya dilepas secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kloter pertama berasal dari Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 266 orang dan Kota Padang 103 orang.

Total calon haji yang berangkat melalui embarkasi Padang berjumlah 7.443 terdiri atas 20 kloter.

Dari 7.443 orang tersebut sebanyak 4.498 berasal dari Sumatera barat, 1.614 dari Bengkulu dan Jambi 1.231 orang serta didampingi 100 petugas haji.

(KR-IWY/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga