Rumbia, Sultra (ANTARA News) - Kementrian Telekomunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun jaringan telekomunikasi pada akhir 2012 untuk membuka keterisolosasian dua keamatan di Kabupaten Bombana, masing-masing Kepulauan Masaloka Raya dan Mata Oleo

Anggota DPRD Bombana, Laode Usman Sandiri, di Rumbia Ibukota Bombana, Jumat mengatakan, dua kecamatan di Bombana itu baru dapat mengakses jaringan telekomunikasi setelah Kominfo mengucurkan bantuan berupa program nasional penyediaan jasa akses telekomunikasi.

"Bantuan tersebut diturunkan setelah melalui proses pengusulan masyarakat melalui camat dan dikonsultasikan dengan dinas perhubungan telekomunikasi dan informatika (Dishubkominfo) provinsi Sultra," kata Usman.

Menurut Usman, hasil konsultasi dengan Dishubkominfo diketahui bahwa Kementrian Kominfo melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) telah memprogramkan pembangunan akses telekomunikasi di pulau terluar bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi nasional.

"Dari hasil konsultasi tersebut, maka masyarakat di dua kecamatan itu diwajibkan untuk menyiapkan lahan yang akan disurvei oleh tim tekhnis," kata Usman.

Masalah lahan yang disiapkan oleh masyarakat di dua kecamatan itu, lanjut Usman tidak menjadi masalah, sebab saat pengusulan program pembangunan akses telekomunikasi, pihaknya sudah menyiapkan lokasi yang cukup strategis.

"Jadi lokasi yang disiapkan itu akan digunakan untuk tempat dibangunnya tower setinggi 32 meter," katanya.

Dengan adanya bantuan dari Kementrian Kominfo tersebut kata dia, masyarakat di dua kecamatan tersebut sangat senang, sebab selama ini mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan sanak saudara, kerabat dan handai taulan.

"Masyarakat disini sangat berharap agar pembangunan jaringan telekomunikasi di dua kecamatan tersebut dapat segera direalisasikan," ujar Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Bombana ini.
(A056/B008)