Jakarta (ANTARA News) - Film terbaru garapan Mira Lesmana (Miles) dan Riri Riza, "Atambua 39 Derajat Celsius", bakal tayang perdana dalam skala dunia (world premiere) di Tokyo International Film Festival (TIFF) pada Oktober 2012.

"Rencananya world premiere-nya di Tokyo International Film Festival bulan depan. Saya harap teman-teman yang ada di Tokyo dapat hadir karena saya juga rencananya akan hadir," kata Mira Lesmana di Jakarta, Sabtu.

Mira mengatakan, penggarapan film yang bercerita tentang pengungsi-pengungsi Timor Timur pascareferendum pada 1999 tersebut memakan waktu kurang lebih setahun.

Tokyo International Film Festival sendiri rencananya akan digelar pada 20 hingga 28 Oktober 2012.

Mira juga mengatakan, "Atambua 39 Derajat Celsius" juga akan diputar di Rotterdam International Film Festival, Holland, pada akhir Januari 2013.

Di Indonesia, menurut istri sineas Mathias Muchus tersebut, film yang diperankan oleh Gudino Soares, Petrus Beyleto, dan Putri Moruk tersebut mulai tayang pada 8 November 2012.

"Di Indonesia hanya akan tayang di 20 bioskop saja," ujar Mira.

Pada Januari atau Februari 2012 Miles dan awaknya akan berkeliling Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memutar film tersebut menggunakan media layar tancap.
(T.V002/Z002)