Jumat, 19 Desember 2014

Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin berangkat Selasa

| 2.505 Views
id haji, calon haji embarkasi banjarmasin, kloter pertama embarkasi banjarmasin, kalsel, bandara syamsudin noor, selasa (25/9)
Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin berangkat Selasa
Petugas sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) melakukan pemeriksaan terhadap paspor calon haji (calhaj) Embarkasi Surabaya di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Selasa (18/9). Pemeriksaan paspor calhaj tersebut dilakukan untuk proses visa ke kedubes Saudi Arabia di Jakarta. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)
Sesuai jadwal pemberangkatan, kloter perdana Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan Selasa siang,"
Banjarbaru (ANTARA News) - Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dijadwalkan berangkat melalui Bandara Syamsudin Noor menuju Jeddah, Selasa (25/9).

"Sesuai jadwal pemberangkatan, kloter perdana Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan Selasa siang," ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin Syukeriansyah di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, kelompok terbang yang berisi jamaah calon haji dari Kabupaten Tabalong sebanyak 319 orang ditambah satu pendamping haji daerah dan lima petugas kloter masuk asrama haji, Senin (24/9) pukul 14.00 Wita.

Dijelaskan, selama berada di asrama haji yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Km 28 Kota Banjarbaru, seluruh jamaah menjalani masa karantina dan wajib mengikuti rangkaian kegiatan yang disiapkan PPIH embarkasi setempat.

"Selama masa karantina, jamaah tidak boleh diganggu kecuali ada hal-hal yang sangat penting dari keluarga maka bisa dipanggilkan petugas sehingga mereka bisa bertemu meski pun tidak lama," ujarnya.

Sehari kemudian, Selasa pukul 14.00 Wita seluruh jamaah diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8101 menuju bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Saat pemberangkatan jamaah, rencananya di lepas langsung Gubernur Kalsel Rudy Ariffin yang secara khusus masuk kabin pesawat sebelum lepas landas," ungkap Kabid Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Kalsel itu.

Menurut dia, seluruh jamaah dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah Selasa malam pukul 21.30 Waktu Arab Saudi dan menempati maktab atau pemondokan nomor 42 di wilayah Syari`i Mansur.

Dikatakan, jarak pemondokan kloter pertama itu relatif dekat dengan Masjidil Haram dibanding pemondokan di wilayah Bakhutmah yang berjarak sekitar 2,5 kilometer dari tempat paling suci bagi umat muslim itu.

"Jarak pemondokan jamaah yang paling dekat di wilayah Jiad yakni hanya sekitar 500 meter dari Masjidil Haram, tetapi jarak tidak masalah karena sudah disediakan angkutan khusus," ujarnya.

Jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin tahun 1433 Hijriah/2012 Masehi sebanyak 5.051 terdiri dari 3.811 jamaah asal Kalsel dan 1.160 jamaah Kalteng ditambah petugas.

Seluruh jamaah diberangkatkan melalui 16 kelompok terbang yang dibagi dalam dua gelombang dengan jadwal pemberangkatan pertama pada Selasa (25/9) dan pemulangan perdana tanggal 5 November 2012.

(KR-SYO/H005)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga