Minggu, 21 September 2014

Muslim di Nigeria utara protes kartun dan film anti-Islam

Senin, 24 September 2012 10:25 WIB | 2.248 Views
Muslim di Nigeria utara protes kartun dan film anti-Islam
Nigeria (www.wikipedia.org)
Katsina, Nigeria (ANTARA News) - Ratusan orang Muslim di Negara Bagian Katsina, Nigeria utara, memprotes film buatan AS dan kartun Prancis yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Pemrotes meneriakkan slogan anti-AS, anti-Prancis dan anti-Israel, serta menyeru masyarakat internasional agar menghukum mereka yang berada di belakang kartun dan film yang tak bermoral itu.

Mereka mengutuk orang yang memanfaatkan media untuk menyerang Islam, dan mendesak umat Muslim di seluruh dunia untuk bangkit serta memprotes penghujatan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Mereka kemudian membakar patung Presiden AS Barack Obama, dan menyeret bendera ketiga negara tersebut di jalan sepanjang bermil-mil di seluruh kota itu.

Kebanyakan pemrotes berasal dari kaum Syiah, bersama pemimpin mereka Sheikh Ibrahim El-zazaky, yang terkenal karena ceramahnya yang seringkali anti-Barat, demikian laporan Xinhua, Minggu.

Pada Sabtu, satu protes serupa digelar di Negara Bagian Kano, di mana  umat Muslim mengutuk keras kartun dan film anti-Islam itu.

Pemrotes, yang diawasi secara seksama oleh petugas keamanan, diperkenankan menyampaikan kemarahan mereka dengan dasar Gerakan Islam Nigeria.

Ketika berbicara kepada pemrotes, pemimpin lokal kelompok tersebut, Sheikh Yakubu Yahaya, mengatakan kartun dan film itu bertujuan menghina prinsip dan ajaran Islam.

(C003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga