Senin, 20 Oktober 2014

PLTU Batang diharapkan tingkatkan PAD

| 2.542 Views
id PLTU Batang, kabupaten batang, bupati batang, pemkab batang
PAD bisa naik 100 persen
Batang (ANTARA News) - Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, menyatakan optimistis proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap akan berdampak positif terhadap kenaikan pendapatan asli daerah (PAD) daerah setempat.

"PAD bisa naik 100 persen, karena yang pasti sektor pajak juga akan meningkat sehingga Kabupaten Batang akan lebih maju lagi," katanya di Batang, Rabu.

Bupati mengajak masyarakat menyukseskan megaproyek PLTU di Desa Karanggeneng, Kecamatan Kandeman, karena proyek itu diharapkan mampu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di daerah setempat.

"Soal MoU, kami percaya pada PT Bhimasena Power Indonesia, selaku pelaksana pembangunan PLTU. Akan tetapi, yang jelas megaproyek PLTU ini akan berdampak positif pada PAD," katanya.

Ia mengatakan bahwa hingga kini pemkab belum mengetahui kapan proyek pembangunan PLTU itu akan dimulai.

Pimpinan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) Ary Wibowo menegaskan bahwa pembangunan mega proyek PLTU ini bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Peletakan batu pertama PLTU, kami targetkan dapat dilaksanakan pada Oktober 2012. Saat ini, PT BPI lebih berkosentrasi mempercepat proyek pembangunan PLTU agar sesuai jadwal," katanya.

Ia mengatakan bahwa jika proyek PLTU sampai tertunda maka akan muncul kerugian sampai Rp11 triliun per tahun.

"Negara akan merugi Rp11 triliun per tahun, jika proyek ini tertunda. Tim ahli kami sudah menghitungnya dari berbagai aspek," katanya.

Ia meminta Pemkab Batang tidak perlu ragu terhadap komitmen dan keseriusan PT BPI menyejahterakan warga di lokasi PLTU, seperti membangun puskesmas, sekolah, sektor perekonomian, dan pemberdayaan masyarakat.

"Kami berkomitmen terhadap masalah itu. Akan tetapi apa harus dengan meneken MoU karena pembangunan PLTU di Karanggeneng bakal menghasilkan pajak miliaran rupiah," katanya.
(KTD/M028)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga