Rabu, 3 September 2014

Akademi Perkeretaapian Madiun akan dibuka 2013

Rabu, 26 September 2012 12:18 WIB | 5.150 Views
Akademi Perkeretaapian Madiun akan dibuka 2013
Menteri Perhubungan EE Mangindaan (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Akademi Perkeretaapian di Madiun, Jawa Timur, rencananya akan mulai menerima pendaftaran siswa pada tahun 2013 untuk kelas teknis guna mengantisipasi tingginya permintaan sumber daya manusia (SDM) di bidang perkeretaapian.

"Kami membutuhkan hingga sekitar 500 orang setiap tahunnya dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM di bidang perkeretaapian," kata Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan dalam keterangan tertulis Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Namun, menurut dia, dengan prasarana dan sarana yang masih belum memadai seperti kondisi gedung yang masih baru dan belum dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, maka para pengelola diharapkan agar dapat mengantisipasi guna dapat tetap menjalankan kegiatan pendidikan dengan baik.

Berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional, kebutuhan SDM bidang perkeretaapian hingga tahun 2030 diperkirakan mencapai sekitar 1.720 orang di bidang regulator seperti posisi perencana administrasi, penguji sarana, penguji prasarana dan inspektur atau auditor.

Sedangkan untuk SDM operator dibutuhkan sekitar 78.740 orang antara lain untuk mengisi posisi manajerial, operator sarana, dan operator prasarana.

Akademi Perkeretaapian dibangun di tanah seluas 18,13 hektar yang dihibahkan oleh Pemerintah Kota Madiun kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Kementerian Perhubungan pada tahun 2010 lalu.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kemenhub Anton S Tampubolon mengatakan, Akademi Perkeretaapian Madiun akan dibangun dalam enam tahap mulai 2011 hingga 2016.

Menurut Kepala Badan Pengembangan SDM, Kementerian Perhubungan, Bobby R.Mamahit mengatakan, anggaran APBN senilai Rp300 miliar telah dialokasikan secara bertahap untuk masa empat tahun kerja di tahap pertama pembangunan.

(M040 )

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga