Rabu, 22 Oktober 2014

Toilet Dufan Ancol juara lomba toilet bersih

| 1.867 Views
id juara toilet bersih, lomba toilet bersih, juara toilet bersih, dunia fantasi ancol, dufan ancol
Jakarta (ANTARA News) - Toilet umum di taman rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, menjadi juara umum dalam Lomba Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 untuk kategori toilet yang dikelola swasta.

Trans Studio Makassar dan Mikkie Funland Brastagi Sumatera Utara berturut-turut menempati peringkat kedua dan ketiga juara lomba toilet bersih untuk kategori toilet yang dikelola oleh swasta, kata Ketua Dewan Juri Lomba Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012, Naning S.A. Adiwoso, di Jakarta, Kamis.

Sementara untuk kategori toilet taman rekreasi yang dikelola pemerintah, pemenang pertamanya Taman Pintar DIY, disusul Tugu Khatulistiwa Kalimantan Barat pada posisi kedua dan Owabong Purbalingga Jawa Tengah pada peringkat tiga.

Waterboom Bali menjadi juara pertama lomba toilet bersih kategori waterboom, disusul Waterboom Jakarta sebagai juara dua dan The Jungle Bogor Jawa Barat sebagai juara ketiga.

Menurut Naning, penilaian pengelolaan toilet dalam loma itu dilakukan mengacu pada standar yang berlaku internasional.

"Penekanan pembobotan terutama pada unsur perawatan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan dengan komposisi pembobotan yang terukur," katanya.

Dewan juri juga memerhitungkan faktor pemeliharaan dan kenyamaan, ketentuan dan kondisi, serta faktor yang disenangi pemakai.

Ia berharap kegiatan itu mampu meningkatkan kesadaran pengelola dan masyarakat untuk menjaga kebersihan toilet umum yang selanjutnya akan mampu mendongkrak citra destinasi pariwisata.

Menurut Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim, pemerintah total memberikan Penghargaan Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 kepada 56 taman rekreasi yang dikelola oleh pemerintah dan swasta di 16 provinsi di Indonesia.

Pemberian penghargaan yang dilakukan bertepatan dengan perayaan Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September itu ditujukan untuk mengapresiasi dan meningkatkan motivasi pengelola taman rekreasi menyediakan toilet bersih dalam menjalankan bisnisnya.

"Penghargaan ini kami harapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih peduli dalam menggunakan toilet umum," katanya.

(H016)



Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca