Washington (ANTARA News) - Rekan pasangan Mitt Romney Paul Ryan akan istirahat dari kampanye minggu depan selama tiga hari untuk persiapan debat menjelang pertarungannya dengan Wakil Presiden AS Joe Biden, kata seorang pembantu kampanye.

Ryan akan belajar keras selama "tiga hari di Virginia untuk persiapan debat," kata pembantu kampanye Brendan Buck kepada AFP Sabtu, sedangkan Romney dan Presiden Barack Obama keduanya tidak ikut kampanye menjelang debat pertama mereka sendiri pada 3 Oktober di Denver, Colorado.

Kontestan kepresidenan bertarung di tiga perdebatan yang disiarkan televisi secara nasional, sedangkan Biden dan Ryan hanya mendapat sekali kesempatan berhadapan satu sama lain, pada pertarungan 11 Oktober di Centre College di Danville, Kentucky.

Ryan, 42, adalah seorang pemula di panggung politik luas dibanding Biden, yang terlibat sejumlah perdebatan yang disiarkan televisi secara nasional menghadapi rival seperti kandidat wakil presiden Republikan Sarah Palin pada 2008 dan calon Demokrat yang mengincar nominasi kepresidensidenan partai tersebut tahun itu.

Namun Ryan adalah seorang ahli hitung angka anggaran dengan kemampuan substansial di data finansial, dan para pendukungnya telah lama melebeli Biden rentan salah dan terlalu liberal bagi banyak pemilih Amerika.

Biden, kata pembantu Romney kepada The Washington Post, "telah menjadi wali terkuat presiden selama empat tahun silam, dan kelemahan terbesar yang dia punyai adalah catatannya presiden."

Di pihaknya, Romney mundur ke Vermont menuju kamp debat awal September, dan diharapkan akan berkumpul dengan para pembantunya dan rekan-rekan Republikan lagi dalam beberapa hari mendatang guna persiapan akhir debat.

Obama melakukan perjalanan ke Nevada untuk suatu event Minggu, dan menghabiskan dua hari mendatang di kota Henderson menjelang perdebatan Rabu, menurut Gedung Putih.

Pada Senin, Ryan akan memulai perjalanan dua hari "Real Recovery Bus Tour" ke seluruh medan tempur politik negara bagian Iowa, kata kampanyenya, sebelum bertolak ke Virginia. (K004)