Medan (ANTARA News) - Banyak cara untuk memperingati ulang tahun ke-67 TNI. Sekitar 2.000 aparatur pemerintah lintas instansi mengikuti kegiatan sepeda santai sebagai rangkaian peringatan besar TNI itu di Medan, Minggu.

Kegiatan sepeda santai itu diikuti Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Lodewijk F Paulus, Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Gatot Nugroho, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, Wadanlantamal I Belawan, Kolonel Marinir Yuniar Lutfi.

Kegiatan sepeda santai tersebut menempuh jarak sekitar 15 km yang dimulai dari lapangan Lanud Medan, melintasi Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Raden Saleh, Jalan Putri Hijau, Jalan Gatot Subroto, dan berakhir di Makodam I Bukit Barisan.

Menurut Paulus, kegiatan sepeda santai sebagai rangkaian peringatan HUT ke-67 TNI itu memiliki makna yang cukup banyak. "Keterlibatan semua dalam kegiatan bukti kita solid," katanya.

Di satu sisi, kegiatan berbentuk olahraga tersebut dimaksudkan untuk semakin memupuk soliditas dan solidaritas unsur TNI dengan berbagai elemen masyarakat lainnya di Sumatera Utara. Komando Daerah Militer I Bukit Barisan ini memiliki wilayah kerja Sumatera Utara, Provinsi Riau, Provinsi Riau Kepulauan, dan Provinsi Sumatera Barat.

Tujuan tersebut sesuai dengan thema HUT ke-67 TNI ke-67 yakni landasan profesionalisme, semangat juang, dan soliditas TNI bersama segenap komponen siap menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

(I023/O001)