Minggu, 26 Oktober 2014

Dua calon haji DIY batal berangkat

| 2.503 Views
id jemaah haji, calon jemaah haji, jemaah haji indonesia, ongkos naik haji, haji batal berangkat
Dua calon haji DIY batal berangkat
Ilustrasi - Ibadah haji. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo).
...dia dapat diberangkat tahun depan dengan syarat uang ongkos haji tidak diambil
Boyolali (ANTARA News) - Dua calon haji asal Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang tergabung kelompok terbang 34, di Embarkasi Surakarta terpaksa dibatalkan keberangkatan Ke Tanah Suci, Senin, karena salah satunya diketahui hamil.

Berdasarkan daftar keberangkatan rombongan calon haji kloter 34 asal Sleman (DIY), di Asrama Haji Donohudan Boyolali, dua dari 375 calon haji yang batal berangkat, yakni Evia Lutvitasari (30) karena usia kehamilan masih lima bulan dan pendampingnya Mustafiq (34).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surakarta H Imam Haromain Ashari melalui Wakil Sekretaris III Muh Syafiq, rombongan calon haji kloter 34 tersebut diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun, Evia L diketahui hamil saat cek kesehatan di Asrama Haji Donohudan, dan kemudian suaminya sebagai pendampingnya ikut batal ke Tanah Suci.

Ia menjelaskan, calon haji yang diperbolehkan berangkat ke Tanah Suci, bagi mereka yang memiliki usia kehamilan antara 14 minggu hingga 24 minggu dengan syarat sudah divaksin meningitis. Namun, calon haji asal Sleman tersebut dibatalkan karena usia kandungan masih lima minggu atau dalam batas larangan.

"Sehingga, calon haji itu dibatalkan ke Tanah Suci tahun ini, tetapi dia dapat diberangkat tahun depan dengan syarat uang ongkos haji tidak diambil," katanya.

Menurut dia, PPIH Embarkasi Surakarta, Senin ini, memberangkatkan tiga kloter yakni 33, 34, dan 35, ketiganya asal DIY. Rombongan calon haji kloter 33 sebanyak 375 jemaah telah diterbangkan ke Tanah Suci, sekitar pukul 07.00 WIB, kemudian disusul kloter 34 pukul 10.00 WIB.

PPIH Embakarsi Surakarta, hingga kloter 34 jadwal pemberangkatan calon haji, sudah menerbangkan sebanyak 12.702 jemaah ke Tanah Suci.

(B018) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga