Selasa, 23 September 2014

Pesisir Selatan cetak 1.000 hektar sawah baru

Selasa, 2 Oktober 2012 17:59 WIB | 1.641 Views
Pesisir Selatan cetak 1.000 hektar sawah baru
Pemkab Pesisir Selatan (Antaranews/Grafis)
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tahun ini merencanakan cetak sawah baru seluas 1.000 hektar di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Pesisir Selatan Widyadari di Painan, Selasa, mengatakan, sesuai rencana pencanangan kegiatan tersebut akan dilakukan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Nagari (Desa Adat) Kambang, Kecamatan Lengayang, Kamis (4/10).

Pada kesempatan itu Irwan Prayitno juga akan melakukan serahterima paket bantuan sosial (bansos) dari Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Provinsi Sumatera Barat.

Menurut dia, cetak sawah baru merupakan agenda vital pemkab setempat untuk menjaga kesinambungan produksi pangan dan swasembada pangan.

Terkait swasembada pangan, di kabupaten itu telah terjadi peningkatan produksi gabah mencapai 5 persen berturut-turut sejak lima tahun terakhir.

"Cetak sawah baru juga merupakan langkah atau upaya pemerintah dalam menambah luas lahan produktif sesuai dengan potensi yang dimiliki kabupaten ini. Akhir-akhir ini konversi (alih fungsi lahan) juga kian marak, sehingga perlu dilakukan cetak sawah baru," kata dia.

Lahan tidur yang berpotensi untuk dikembangkan di kabupaten itu menjadi lahan produktif masih tersedia cukup luas. Dari 15 kecamatan yang dimiliki, sepuluh kecamatan diantaranya masih berpeluang besar sebagai penyedia lahan pertanian yang subur dan produktif.

Kecamatan itu antara lain Lengayang, Sutera, Batang Kapas, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Airpura, Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut. Di daerah itu masih tersedia ribuan hektar lahan terlantar yang siap dijadikan sebagai lahan pertanian produktif bagi masyarakat.

Menurut dia, lahan sawah baru yang direncanakan 1.000 hektar tersebut akan ditunjang dengan sarana dan prasarana seperti pengairan agar petani dapat menggarap lahan secara maksimal.

Pada tahun 2011 melalui pemerintah melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Peternakan (Pertaholbunnak) kabupaten setempat telah mencetak lahan sawah baru seluas 700 hektar yang tersebar di sepuluh kecamatan.

Dengan cetak sawah baru itu diharapkan ke depannya kabupaten itu tetap surplus dan bisa mempertahankan sebagai daerah pemasok gabah terbesar di Sumbar.

"Hingga kini Pesisir Selatan masih surplus beras 5-6 persen. Ke depan dengan cetak sawah baru ini diharapkan dapat dipertahankan," ujar dia.
(AGP/R014)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga