Senin, 28 Juli 2014

Pemkab Halsel legalkan tambang rakyat

Rabu, 3 Oktober 2012 19:30 WIB | 2.029 Views
Ternate (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, melegalkan tambang rakyat untuk dikelola demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Kadis Pertambangan dan Energi Pemkab Halsel, Rusdi Somadayo ketika dihubungi dari Ternate, Rabu mengatakan, Pemkab Halmahera Selatan (Halsel) telah melegalkan tambang rakyat di sejumlah wilayah di Halsel bagi kepentingan masyarakat setempat.

Pihaknya telah melakukan peninjauan untuk melihat kelayakan sejumlah lokasi pertambangan yang menjadi usulan masyarakat.

Dia menambahkan, saat ini ada beberapa usulan dari masyarakat terkait tambang rakyat yang sementara dalam proses untuk peninjauan kelayakan lokasi pertambangan yang akan ditetapkan.

"Sejumlah lokasi yang diusulkan menjadi tambang rakyat berada di wilayah Desa Prapakanda Kecamatan Botang Lomang dan desa Bibinoi kecamatan Bacan Timur, ini proses permohonannya sementara dikaji," kata Rusdi.

Selain itu, pada tahun ini Distamben Halsel juga akan melegalkan beberapa lokasi tambang rakyat dalam bentuk penataan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di sejumlah kawasan di Halsel

Menurut dia, di tahun 2012 ini Pemda Halsel melalui Distamben akan melegalkan beberapa lokasi tambang rakyat dalam bentuk penetapan WPR untuk Kabupaten Halsel.

WPR itu yakni berada di Desa Palamea dan Doko Kasiruta Barat untuk mineral bukan logam dan batu atau batu bacan dengan luas 100 hektare dan dibagi dalam empat WPR masing-masing 25 hektare.

Di kawasan Kubung kecamatan Bacan Selatan, misalnya, dengan luas 100 hektare untuk mineral logam atau emas serta Desa Jibubu dan desa Awis di Kecamatan Gane Barat Selatan dengan luas 100 hektare untuk mineral logam atau emas.

"Kami pada 2012 ini juga akan melakukan revisi WPR yang ada di Desa Anggai kecamatan Obi untuk tambang emas, sehingga tambang rakyat bisa dikelola untuk kesejahteraan masyarakat setempat" katanya.
(KR-AF/S023)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga