Kamis, 23 Oktober 2014

Puluhan rangkaian listrik tenaga surya Tulungagung rusak

| 2.511 Views
id listrik tenaga surya, Tulungagung, aki rusak, tiga tahun rusak, program bantuan
Puluhan rangkaian listrik tenaga surya Tulungagung rusak
Listrik tenaga surya.(FOTO ANTARA/Noveradika)
Warga mau mudahnya, kalau rusak tidak bisa merawat, sehingga sekarang hampir semuanya mati
Tulungagung (ANTARA News) - Puluhan rangkaian listrik tenaga surya yang berada di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, rusak total akibat salah perawatan.

Kerusakan paling banyak ditemukan di Dusun Kalimati dan Nyawangan, Desa Tugu, Kecamatan Sendang yang selama ini menjadi proyek percontohan listrik tenaga surya. Demikian berdasarkan pantauan ANTARA News di Tulungagung, Jumat.

Slamet, Ketua RT 02/RW 01 Dukuh Kalimati, Desa Tugu mengatakan, dari total 90-an KK yang mendapat bantuan listrik tenaga surya di daerahnya, hanya beberapa gelintir yang masih bisa difungsikan.

Selebihnya, kata dia, rata-rata mengalami kerusakan dengan sebab bervariasi, mulai karena aki/batere penyimpan energi listrik sudah aus sehingga mesti diganti baru, alat pengubah daya yang tidak berfungsi, jaringan kabel dan lampu putus, hingga modul "solar cell" rusak.

"Warga mau mudahnya, kalau rusak tidak bisa merawat, sehingga sekarang hampir semuanya mati," terangnya.

Bantuan listrik tenaga surya di Dusun Kalimati telah diadakan sejak Agustus 2008.

Semua warga atau rumah di daerah ini hampir semuanya mendapat bantuan peralatan listrik tenaga surya yang waktu itu pengadaannya di fasilitasi pamong desa setempat dan Pemkab Tulungagung.

Selama dua tahun program bantuan ini berjalan, perangkat listrik tenaga surya milik penduduk tidak ada yang bermasalah. Kerusakan mulai bermunculan setelah memasuki usia tiga tahun.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga