Kamis, 18 September 2014

Usaha penggemukan bebek jantan semakin diminati

Jumat, 5 Oktober 2012 19:17 WIB | 3.655 Views
Usaha penggemukan bebek jantan semakin diminati
Ilustrasi - ternak bebek. (Foto ANTARA/Hasan Sakri Ghozali)
Indramayu (ANTARA News) - Usaha penggemukan bebek jantan di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat semakin diminati oleh warga setempat karena cukup menguntungkan dibandingkan bebek petelur.

"Permintaan daging bebek muda untuk kebutuhan rumah makan dan pasar tradisional pesanan dari Jakarta terus meningkat ," kata Ahmad peternak bebek jantan di Indramayu, Jumat.

Perawatan bebek jantan, kata Ahmad, mudah dan cepat kembali modal karena 40 hari peternak sudah bisa menjual daging bebek tersebut.

Dikatakannya, lahan pertanian dan memanfaatkan limbah olahan ikan laut mendukung peternak, mereka tidak kesulitan mendapatkan pakan utama berupa dedak.

Sementara itu Karsiman peternak di perbatasan Kabupaten Subang Indramayu mengaku, usaha penggemukan bebek jantan mampu mengangkat kesejahteraan peternak karena cukup menguntungkan.

"Lahan pertanian di Pantura membantu menyediakan pakan utama dan tambahan, selain itu peternak sepanjang Pantura mudah mendapatkan limbah ikan laut,"katanya.

Keuntungan mengembangkan bebek jantan untuk pedaging, kata dia, cukup tinggi dibandingkan memelihara bebek petelur.

Ir Nandang Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu menuturkan, pengembangan usaha ternak bebek di daerah Pantura Kabupaten Indramayu potensial karena lahan pertanian membantu peternak menyediakan pakan alami.

(KR-EJS/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga