Selasa, 21 Oktober 2014

Dua bunga Rafflesia mekar di hutan Bengkulu

| 4.661 Views
id bunga rafflesia arnoldii, hutan bengkulu, bunga rafflesia mekar
Dua bunga Rafflesia mekar di hutan Bengkulu
Bunga Raflesia Arnoldi (ANTARANews/Ist)
Bengkulu (ANTARA News) - Dua bunga raflesia (Rafflesia arnoldii) ditemukan mekar sempurna di dua kawasan hutan di wilayah Provinsi Bengkulu.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadan mengatakan satu bunga mekar di dalam kawasan Cagar Alam Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah dan satu bunga lainnya mekar di hutan lindung Bukit Daun wilayah Kabupaten Kepahiang.

"Dua bunga ini mekar bersamaan, ditemukan kelompok masyarakat yang rutin mengawasi bunga langka di dalam kawasan hutan Bengkulu," katanya di Bengkulu, Senin.

Bunga rafflesia di hutan lindung Bukit Daun, tepatnya berbatasan dengan Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang ditemukan mekar pada Sabtu (6/10) oleh kelompok masyarakat peduli puspa langka Tebat Monok.

Anggota kelompok peduli puspa langka Tebat Monok, Holidin mengatakan bunga tersebut ditemukan mekar sejak Sabtu (6/10) dan mekar sempurna pada Minggu hingga Kamis mendatang.

"Kami perkirakan bunga masih bisa dinikmati dalam keadaan segar hingga empat hari ini dengan diameter bunga 70cm," katanya.

Holidin dan sejumlah saudaranya yang merupakan anggota kelompok peduli puspa langka membangun pos penjagaan di sekitar lokasi bunga mekar yang hanya berjarak 200 meter dari badan jalan lintas yang menghubungkan Bengkulu-Sumatra Selatan.

Penjagaan bunga tersebut kata dia mengingat satu bonggol atau calon bunga akan segera mekar dalam dua hari ke depan.

"Kami khawatir ada oknum tidak bertanggungjawab yang merusak bunga, jadi mulai Sabtu sudah ada penjagaan di pos," katanya.

Sementara bunga mekar yang ada di Cagar Alam Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah juga dijaga oleh kelompok masyarakat setempat.

Salah seorang warga yang menjaga bunga tersebut, Ibnu Hazar mengatakan sejak diumumkan kepada publik dengan memasang spanduk di pinggir jalan, puluhan warga sudah melihat langsung keunikan bunga terbesar di dunia itu.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga