Senin, 1 September 2014

Aneka makanan berikut ini mengandung zat adiktif

Selasa, 9 Oktober 2012 00:03 WIB | 7.698 Views
Aneka makanan berikut ini mengandung zat adiktif
coklat (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)
Jakarta (ANTARA News) - Ada beberapa makanan tertentu yang menyebabkan kecanduan karena mengandung zat adiktif. Bukan jenis narkoba, namun beberapa jenis makanan ini bisa merusak program diet Anda.

Cokelat dianggap sebagai salah satu makanan yang paling adiktif. Ada alkaloid tertentu dalam cokelat yang sangat mirip dengan yang ditemukan dalam alkohol. Itu bukan satu-satunya alasan yang membuat coklat menjadi adiktif. Kafein dan gula yang ditemukan dalam coklat juga menyebabkan ketagihan. Bahkan cokelat adalah salah satu makanan digunakan untuk memerangi kecanduan alkohol.

Jenis makanan lain yang menyebabka kecanduan adalah es krim. Penelitian telah membuktikan bahwa kecanduan terhadap es krim dan kokain hampir mencapai level yang sama. Jenis makanan ini termasuk adiktif karena dapat mengubah otak Anda dalam menanggapi stimulasi dari makanan. Hal ini terutama disebabkan oleh lemak dan kadar gula tinggi di dalam es krim.

Satu penelitian telah membuktikan bahwa keju mengandung beberapa jenis morfin dan caseine yang menyebabkan kecanduan. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang terus meminta lebih banyak keju dalam satu porsi makanan.

Berbagai jenis makanan manis seperti permen, merupakan salah satu jenis makanan yang sangat adiktif. Kecanduan ini biasanya dimulai pada usia muda. Ketika Anda mengkonsumsi gula, maka lebih banyak insulin yang akan diproduksi di dalam tubuh Anda. Hal ini menyebabkan Anda semakin ingin untuk mengkonsumsi makanan manis.

Makanan lain yang sangat adiktif adalah jenis makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan hampir semua elemen adiktif terdapat di dalam makanan cepat saji seperti lemak, gula, keju, garam, dan kasein. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan makanan berat yang cukup sulit untuk diatasi, sebagaimana dilansir dari Boldsky. (M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga