Selasa, 21 Oktober 2014

Pemerintah siap tanam sorgum pada Februari 2013

| 2.394 Views
id pelantikan gubernur diy, bumn, bumn rapat dengan presiden, kinerja bumn, penanaman sorgum, menteri bumn, dahlan iskan
Kita tanam sorgum karena banyak ahli yang menganggur. Kita mulai Februari 2013 (penanamannya),"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah berencana menanam tanaman subsitusi gandum yakni sorgum, mulai 1 Februari 2013 pada lahan seluas 15.000 hektar, sebagai langkah antisipasi ketergantungan akan impor gandum.

"Kita tanam sorgum karena banyak ahli yang menganggur. Kita mulai Februari 2013 (penanamannya)," kata Dahlan pada Rakor BUMN di Yogyakarta, Rabu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan, Indonesia selama ini mengimpor gandum sebanyak 7 juta ton. Bahkan ketergantungan akan impor semakin meningkat.

Padahal, Indonesia memiliki banyak ahli sorgum sehingga penanamannya lebih mudah dan cepat.

Dahlan mengimbau penanaman sorgum dapat dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia. "Penanaman sorgum pun tidak hanya akan berfokus di Pulau Jawa semata," katanya.

Laporan United State Department of Agriculture (USDA) Mei 2012, impor gandum Indonesia diprediksi menembus 7,1 juta ton, bandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 6,7 juta ton. Indonesia pun tercatat sebagai negara pengimpor gandum terbesar kedua di dunia.

Negara yang menguasai impor gandum adalah Mesir. Tahun ini, Mesir berencana mengimpor sebanyak 10 juta ton. Tahun lalu, impor gandum mencapai 10,5 juta ton. Urutan ketiga adalah Brasil dengan impor sebanyak 7 juta ton pada tahun lalu.

Menyusul Jepang, Uni Eropa, Aljazair, Maroko, Korea Selatan, Meksiko, Nigeria, Irak, Turki, Filipina dan lain-lain dengan proyeksi impor tahun ini mencapai total 137.425.000 ton.

Berdasarkan data USDA, kawasan produksi gandum terbesar di dunia adalah Uni Eropa. Dari total proyeksi produksi gandum dunia tahun ini yang mencapai 677.563.000 ton, Uni Eropa akan memproduksi gandum hingga 132 juta ton.

Sebelumnya, Dahlan berkeinginan mengembangkan sorgum setelah melihat hasil yang dilakukan perusahaan BUMN PT Hijau Lestari di Jawa Barat. Selama ini, BUMN di Jawa Barat memang sudah membina petani untuk menanam sorgum, walau masih dalam skala yang kecil.
(KR-SSB/M019)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga