Kamis, 2 Oktober 2014

TETO puji hubungan Indonesia - Taiwan

Rabu, 10 Oktober 2012 23:28 WIB | 2.576 Views
Perdagangan dua arah Indonesia dan Taiwan mencapai 12,2 miliar dolar Amerika Serikat pada 2011,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kamar Dagang dan Ekonomi Taipei atau Taipei Economic Trade Office (TETO) di Indonesia Andrew Hsia memuji hubungan industri dan ekonomi Indonesia dengan mitra dagang Republik China (Taiwan) yang menunjukkan kemajuan luar biasa.

"Perdagangan dua arah Indonesia dan Taiwan mencapai 12,2 miliar dolar Amerika Serikat pada 2011," ujar Kepala TETO Andrew Hsia saat memberikan sambutan pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik China (Taiwan) ke 101 di Jakarta, Rabu.

Menurut Andrew, hubungan antara Taiwan dan Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa dalam tiga tahun terakhir, dan TETO mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang banyak dipuji oleh dunia.

"Meskipun Taiwan merupakan investor terbesar ke sembilan di Indonesia, namun pengusaha Taiwan terus berdatangan ke Indonesia, termasuk beberapa perusahaan teknologi," ujar Andrew.

Menurut Andrew, dalam hal tenaga kerja, Taiwan adalah tujuan yang paling diminati oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mencapai 186.000 orang hingga Juli 2012, setara dengan penduduk lokal Taiwan.

Sementara itu, dari sisi pariwisata, Indonesia merupakan salah satu tujuan kegemaran turis Taiwan. Maka tidak heran bila terdapat 100 penerbangan langsung Indonesia-Taiwan setiap minggu yang membawa 230.000 turis ke Indonesia.

Selain itu, Taiwan juga mengalokasikan beberapa misi tekhniknya ke Jawa dan Bali guna mempromosikan kerja sama pertanian yang mendapat tanggapan positif.

Andrew berharap, pada HUT ke 101 ini, Taiwan dapat memperluas kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, hingga menjadi sebuah kemitraan yang saling menguntungkan.
(S038/M009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga