Minggu, 21 September 2014

Yang paling ditwit selama debat Obama-Romney

Rabu, 17 Oktober 2012 14:36 WIB | 3.275 Views
Yang paling ditwit selama debat Obama-Romney
Presiden AS Barack Obama (kanan) dan Calon Presiden dari Partai Republik Mitt Romney membahas salah satu topik saat debat calon Presiden AS di Hempstead, New York, Selasa (16/10). (REUTERS/Mike Segar )
Jakarta (ANTARA News) - Frasa baru "binders full of women" yang dikemukakan Mitt Romney mungkin memang menyita perhatian orang pada debat kedua calon presiden AS yang dibanjiri 108.000 twit per menit itu.

Tapi momen yang paling banyak ditwit selama debat kedua ini tak ada kaitannya sama sekali dengan pernyataan ikonik Romney, "binders full of women", yang secara harafiah diartikan sebagai "penuh oleh seabreg perempuan".

Guna mengimbangi Obama yang mengaku dibesarkan seorang ibu yang berlaku sebagai orangtua tunggal dan mempunyai dua anak perempuan, untuk menarik simpati pemilih perempuan, Romney membalas dengan mengatakan semasa dia menjabat Gubernur Massachussetts dia telah mempekerjakan lebih banyak perempuan ketimbang pria.  Bukan beberapa perempuan, tapi seabreg perempuan.

Namun, menurut tim pemerintah dan politik Twitter, momen yang paling memancing orang untuk mentwit pesan paling banyak adalah saat seorang warga bertanya soal imigrasi kepada Romney.

Jawaban Romney atas pertanyaan ini mengundang 109.560 twit per menit.

Momen kedua yang paling banyak mengundang kicauan di Twitter adalah saat Presiden Obama menyebut Romney "Anda orang terakhir yang tegas pada China."  Kalimat ini memancing 108.619 twit per menit.

Sementara itu, jawaban Romney atas pertanyaan soal pungutan pajak menjadi topik ketiga paling banyak dikicaukan di Twitter dengan 107.386 twit per menit.

Secara keseluruhan, ada 7,2 juta kicauan Twitter selama debat kedua berdurasi 90 menit dan dimoderatori presenter CNN Candy Crowley serta diselenggarakan di Universitas Hofstra, Hempstead, New York, tersebut.

Di antara tema yang paling banyak dikicaukan adalah soal ekonomi dengan 28 persen dari total twit terkirim.

Disusul pajak dengan 17 persen twit, lalu tema kebijakan luar negeri (16 persen), kemudian energi dan lingkungan (13 persen), serta imigrasi (8 persen).

Sementara itu, #bindersfullofwomen menjadi trending topic yang bahkan mendorong terciptanya akun-akun baru semodel @RomneysBinder, @RomneyBinder dan @Romneys_Binder.

"Mind the Binders," "Candy Crowley" dan "Libya" juga menjadi di antara top 10 trends di Twitter.

sumber: The Hollywood Reporter

Penerjemah: Jafar M Sidik

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga