Rabu, 22 Oktober 2014

Situs berita suburkan bahasa "alay"

| 3.683 Views
id bahasa alay, bahasa prokem, bahasa lisan, bahasa jurnalistik, jurnalisme alay, situs berita, jurnalisme warga
Jakarta (ANTARA News) - Situs-situs berita dalam jaringan (online) juga mempunyai peran dalam pengembangan pemakaian bahasa-bahasa lisan masyarakat, termasuk bahasa "alay".

"Pemakaian dan perkembangan bahasa dalam situs berita online maupun jurnalisme warga, berada pada 'kelas' yang sama dengan bahasa lisan masyarakat, bahasa 'prokem' dan bahasa 'alay'," kata Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Masmimar Mangiang, dalam seminar "Merumuskan Bahasa dalam Media Online dan Jurnalisme warga" yang diselenggarakan Kompas, di Jakarta, Sabtu.

Masmimar mengatakan penggunaan bahasa lisan sehari-hari seperti bahasa "alay" di situs berita online mengundang masalah karena penyebaran pengaruhnya didukung oleh kekuatan media massa lain.

"Persoalan tidak hanya ada pada jurnalisme situs berita online ataupun jurnalisme warga. Masalah ini adalah masalah media massa pada umumnya," kata Masmimar.

Dia menekankan arti penting editor bahasa di media massa termasuk situs berita online yang semestinya mampu menyaring penggunaan bahasa-bahasa yang berkembang di masyarakat yang tidak sesuai konvensi atau kesepakatan umum.

Situs berita online, menurut Masmimar, seringkali menjadikan bahasa populer sebagai komodifikasi atau barang dagangan untuk meraih khalayak.

Sementara, jurnalisme warga seperti blog tidak mempunyai mekanisme filter bahasa karena konten informasi disediakan oleh masyarakat biasa bukan lembaga jurnalistik.

Pegiat jurnalisme warga di situs wikipedia, Ivan Lanin, mengatakan jurnalisme warga seringkali menghadapi tiga kritik terkait informasi yang disiarkan.

"Tiga kritik itu adalah aspek obyektivitas informasi terkait etika dan metode pengumpulan informasi, kualitas informasi yang menyinggung konten dan bahasa, dan legalitas informasi terkait lembaga dan ranah hukum," kata Ivan.

(I026)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga