Jumat, 31 Oktober 2014

Musim pancaroba daya tahan tubuh berkurang

| 3.318 Views
id diare, gangguan pencernaan, dehidrasi, buang air besar, muntaber, jamban, perut
Musim pancaroba daya tahan tubuh berkurang
Siswa membeli jajanan pinggir jalan (ANTARA/Saiful Bahri)
Jakarta (ANTARA News) - Musim pancaroba membuat kondisi daya tahan tubuh seseorang menurun dan lebih cepat terserang diare, sebagaimana dikatakan oleh ahli penyakit dalam dari FKUI-RSCM, Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH.

Menurut Ari, hal ini disebabkan oleh kemampuan kuman untuk berkembang biak menjadi lebih cepat pada cuaca seperti musim pancaroba.

"Untuk mengantisipasinya, harus pandai-pandai memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi," ujar Ari pada jumpa pers di auditorium FKUI, Jakarta, Sabtu.

Penting untuk mengetahui apakah makanan atau minuman masih dalam kondisi yang baik, apakah harus jenis makanan tersebut harus dipanaskan kembali.

"Jangan mencampur makanan matang dengan makanan yang masih mentah, karena makanan yang matang bisa terkontaminasi," kata Ari.

Lebih lanjut Ari mengemukakan, makanan yang sudah terkontaminasi mudah memicu keracunan bagi tubuh, sehingga menyebabkan kesehatan kita terganggu.

"Diare adalah salah satu indikasi terjadinya keracunan makanan, dan bila sampai terjadi demam, berarti sudah terjadi infeksi di dalam tubuh," imbuh Ari.

(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga