Rabu, 30 Juli 2014

Tiket KA Matarmaja ditetapkan jadi tarif tunggal

Rabu, 24 Oktober 2012 10:36 WIB | 7.441 Views
Tiket KA Matarmaja ditetapkan jadi tarif tunggal
Ilustrasi - Kereta api. (ANTARA/Syaiful Arif)
Malang (ANTARA News) - Tiket Kereta Api (KA) Matarmaja jurusan Malang-Jakarta Pasar Senin mulai 1 Desember 2012 ditetapkan menjadi tarif tunggal, sehingga penumpang jarak jauh maupun dekat membayar sesuai tarif yang ditetapkan.

Humas PT KAI Daops 8 Sri Winarto ketika dihubungi di Malang, Rabu mengatakan, tarif KA Matarmaja diseragamkan sebesar Rp51 ribu, baik untuk penumpang jarak dekat maupun jauh. Sehingga, di manapun penumpang turun tiketnya tetap seharga Rp51 ribu.

"Selama ini lebih dari 40 persen penumpang jurusan Malang-Jakarta tidak kebagian kursi Matarmaja karena kursi sudah dibeli oleh penumpang jarak dekat, seperti Kediri, Madiun atau Semarang. Dan, tarif untuk jarak dekat itu tentu tidak Rp51 ribu," tegasnya.

Apalagi, lanjutnya, penumpang KA jarak dekat sudah banyak pilihan, seperti KA Express Malioboro jurusan Malang-Yogyakarta. Adanya pilihan KA jarak dekat tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan diberlakukannya tarif tunggal.

Sebenarnya, kata Winarto, pemberlakukan tarif tunggal tersebut tidak hanya untuk KA Matarmaja, tapi ada sejumlah KA yang juga mulai diberlakukan tarif tunggal, seperti KA Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi-Jakarta, Ka Pasundan jurusan Surabaya Gubeng-Kiaracondong.

Selain itu, lanjutnya, juga ada KA Sri Tanjung jurusan Surabaya Gubeng-Banyuwangi dan KA Logawa jurusan Surabaya-Jember.

Pemberlakuan tarif tunggal tersebut juga dilatarbelakangi adanya upaya PT KAI untuk meningkatkan layanan terhadap penumpang. Contohnya, tidak adanya pedagang asongan dalam kereta, toilet yang lebih bersih dan representatif serta setiap penumpang juga mendapatkan tempat duduk.

Saat ini tarif KA Matarmaja seharga Rp28 ribu hingga Rp51 ribu untuk jarak dekat hingga maksimal turun di Stasiun Senin Jakarta. "Dengan adanya tarif tunggal ini, penumpang jarak dekat akan berkurang, sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat yang akan menggunakan KA Matarmaja jurusan Malang-Jakarta," tegasnya.

(E009)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga