Kamis, 2 Oktober 2014

Novel "5 cm" diangkat ke layar lebar

Kamis, 25 Oktober 2012 17:34 WIB | 20.006 Views
Novel
Salah satu adegan dalam film 5 CM yang diadaptasi dari buku laris karangan Donny Dhirgantoro. (istimewa/Soraya Intercine Films)
...memang cukup sulit mengubah dari buku menjadi sebuah film
Jakarta (ANTARA News) - Novel laris karya Donny Dirghantoro, 5 CM akan diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini rencananya akan dirilis pada 12 Desember.

"Sejak awal, ketika membaca novelnya, saya sudah suka. Ide ceritanya beda, lokasinya di Gunung Semeru. Tapi memang cukup sulit mengubah dari buku menjadi sebuah film," ungkap Produser film 5cm Sunil Soraya dari Soraya Intercine Films.

 Film ini berkisah tentang perjalanan lima sahabat, Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot Ali), Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor 'Saykoji'), dan Riani (Raline Shah) serta adik Arial, Adinda (Pevita Pearce).

Kelimanya sudah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Dengan karakter yang berbeda-beda, kelimanya doyan mencoba hal-hal baru. Suatu saat, mereka diterpa rasa bosan akibat terlalu sering bersama hingga memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan.

Tiga bulan pun berlalu, dan Genta, sebagai pemimpin mereka, memutuskan untuk mengumpulkan kelimanya dalam sebuah perjalanan ke Gunung Semeru. Genta menyebutnya sebagai perjalanan penuh makna  demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada 17 Agustus.

"Tanggal 17 Agustus, di puncak tertinggi Jawa, 5 sahabat, dua cinta. Semua mimpi mengubah segalanya."  

Menyutradari film yang diadaptasi dari sebuah novel laris yang telah memasuki cetakan ke-24, Rizal, sang sutradara mengaku punya kesulitan sendiri.

"Ini pertama kali saya membuat film dari adaptasi novel. Ini suatu tanggung jawab yang besar ya, soul dari buku itu harus diterjemahin," aku Rizal.

Menurut Rizal, hal yang paling sulit dari membuat film adaptasi adalah bagaimana memuaskan ekspektasi para pembaca buku 5 CM. Pengarang buku 5 CM sekaligus penulis skenario film, Donny, juga mengungkapkan hal sama.

"Paling susah bagaimana mengubah buku ke skenario film. Tapi saya sebagai penulis skenario puas sekali. Apalagi impian saya untuk benar-benar syuting ke Semeru tercapai," pungkas Donny.
(Feb)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga