Sabtu, 1 November 2014

SMA 12 Batam raih penghargaan antinarkoba, seks bebas

| 3.739 Views
id narkoba, seks bebas, hiv/aids, sma 12 batam, gubernur kepri, muhammad sani
SMA 12 Batam raih penghargaan antinarkoba, seks bebas
Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani (FOTO ANTARA)
Tidak ada yang bisa mengubah, selain diri sendiri. Remaja harus jadi generasi dengan kemampuan memerangi narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS."
Batam (ANTARA News) - Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja SMA 12 Batam mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik konseling remaja tentang antinarkoba, seks bebas dan HIV/AIDS oleh Gubernur Kepulauan Riau dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Yang dilakukan oleh SMA 12 Batam bisa sebagai contoh bagi sekolah lain untuk memerangi narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS di kalangan remaja," kata Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani di Batam, Rabu.

Sani mengatakan Kepri yang berada di perbatasan memang sangat rawan dengan tiga masalah tersebut yang bisa menghancurkan generasi bangsa.

"Tidak ada yang bisa mengubah, selain diri sendiri. Remaja harus jadi generasi dengan kemampuan memerangi narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS," kata Sani.

Gubernur berharap, akan semakin banyak sekolah dan PIK Remaja lain di Kepri yang peduli dengan bahaya pergaulan bebas di kalangan mereka.

Ketua tim PIK remaja SMAN 12 Batam, Isnaini Lestari mengatakan organisasi di bawah binaan BKKBN Kepri tersebut sudah terbentuk sejak empat tahun dengan tujuan utama menyosialisasikan bahaya narkoba, seks bebas dan penyakit menular HIV/AIDS.

"PIK Remaja tugas pokok mencakupi penyuluhan bahaya narkotika, psikotropika, seks bebas dan HIV/AIDS agar generasi muda tidak terjerumus dalam tiga hal itu," kata dia.

Ia mengatakan, kelompok itu dengan rutin setiap seminggu sekali memberikan penyuluhan di sekolah. Selain itu juga rutin mengikuti seminar baik di dalam maupun di luar sekolah.

"Intinya kami ingin membentuk generasi berencana (genre) dengan menjauhi tiga hal yang dapat merusak generasi muda," kata Isnaini.

Isnaini mengatakan, selain penghargaan yang diberikan oleh gubernur dan BKKBN, sudah mendapat dua penghargaan juaran II lomba PIK R tingkat Tegak dalam kejuaraan majalah dinding dengan tema genre yang digelar BKKBN Kepri.

"Kami juga sempat mewakili Kepri dalam lomba genre tingkat nasional pertengahan tahun lalu," kata dia. (LNO/A013)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga