Selasa, 30 September 2014

Persib tantang Sriwijaya FC di final Celebes Cup

Sabtu, 3 November 2012 23:11 WIB | 5.438 Views
Persib tantang Sriwijaya FC di final Celebes Cup
Pemain Sepak Bila Persib Bandung. (FOTO ANTARA/Fahrul Jayadiputra)
Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib menantang Sriwijaya FC pada babak final Turnamen Sepak Bola Celebes Cup II 2012 setelah mengalahkan juara bertahan Makassar United 5-1 (2-0) di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Sabtu.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak melalui hattrik Herman Dzumafo Epandi yakni dua melalui titik penalti menit ke-34 dan 45 serta tembakan menit ke-90. Dua gol lainnya dicetak Atep menit ke-81 dan Aang Suparman menit ke-87.

Sedangkan gol balasan Makassar United dicetak melalui titik putih penalti bek Edgar menit ke-84. Dengan hasil itu Makassar United gagal mempertahankan gelar juara Celebes Cup yang tahun ini digelar di Kota Bandung.

"Hasil ini cukup positif, diharapkan bisa mempertahankan ritme permainan di partai final besok. Permainan masih belum maksimal, masih ada kelemahan dan kesalahan dari pemain, dan jelas ini akan jadi bahan evaluasi," kata Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman seusai pertandingan.

Duel final Celebes Cup II akan digelar pada Minggu (4/11) malam, sedangkan pertandingan penentuan peringkat ketiga dan keempat akan digelar Minggu petang.

Baik Persib maupun Sriwijaya FC sama-sama mengincar gelar juara pada turnamen pra musim ini, bagi Persib sendiri gelar ini sangat strategis menjelang laga di Kompetisi ISL.

Kemenangan Persib 5-1, membuat tim Kota Bandung itu diunggulkan pada Celebes Cup II/2012. Meski demikian Sriwijaya FC juga tampil cukup pada pada laga pembuka turnament yang nyaris tidak jadi digelar akibat izin dari Polrestabes Bandung belum keluar hingga duel Sriwijaya melawan Barito Putra di partai pembuka molor 2,5 jam dari jadwal semula.

Sementara itu kemenangan telak Persib Bandung, tidak lepas dari `kekurang beruntungan` Makassar United yang terpaksa harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua setelah bek Achmad Hisyam menerima kartu merah setelah mendapat kartu kuning kedua.

Secara umum pertandingan berlangsung berimbang hingga pertengahan babak kedua, dimana Persib hanya unggul melalui dua gol penalti Herman Dzimafo.

Namun memasuki 15 menit terakhir pada babak kedua, posisi berbalik. Kelelahan pemain MU yang bermain dengan sepuluh pemain dimanfaatkan oleh Persib untuk mencetak tiga gol berikutnya.

Pertahanan MU yang dimotori Edgar dan Fuad hilang konsentrasi, sehingga harus kebobolan tiga gol di menit-menit terakhir, dimana keduanya sama-sama kegagalan pertahanan melakukan jebakan off side.

Kemenangan Persib disambut suka cita oleh 20.000 bobotoh yang memadati Stadion Siliwangi Bandung. Mereka melakukan aplaus kepada kedua tim yang bertanding cukup maksimal.

Sementara itu pengamanan pertandingan di Stadion Siliwangi lebih didominasi oleh jajaran TNI, dan sebagian kecil dari Polri. Namun demikian pertandingan berlangsung lancar dan kondusif.

Pertandingan final Persib melawan Sriwijaya FC, diperkirakan akan berlangsung ketat dimana Persib menargetkan untuk melakukan revans atas kekalahan terakhirnya di Palembang 0-1.

Sementara itu Manajer Persib Bandung, H Umuh Muhtar mengaku lega karena pertandingan akhirnya berhasil digelar.

"Lega akhirnya pertandingan bisa digelar dan aman, pokoknya kami berharap bobotoh untuk menjaga kepercayaan ini sebaik-baiknya, dan saya yakin akan berlangsung lancar," kata Umuh Muhtar.
(S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga