Sabtu, 23 Agustus 2014

Program kunjungan sastrawan ke sekolah di Lampung mulai November

Rabu, 7 November 2012 03:57 WIB | 2.186 Views
Bandarlampung (ANTARA News) - Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung menunjuk sastrawan untuk mengunjungi sekolah di beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Lampung, mulai pertengahan November 2012.

Kegiatan yang bertajuk "Sastrawan Mengunjungi Sekolah", menurut Arman AZ, pelaksana kegiatan, di Bandarlampung, Selasa, dimaksudkan memperkenalkan para pelajar kepada sastrawan nasional asal Lampung.

"Dalam pertemuan itu akan diisi diskusi, workshop, dan pembacaan karya sastra oleh sastrawan yang berkunjung ke sekolah dimaksud," ujar Arman.

Dia menjelaskan, DKL berusaha menjemput bola dengan menghadirkan sastrawan ke sekolah-sekolah di kota dan kabupaten di Provinsi Lampung.

"Untuk program tahun ini, kota dan kabupaten yang akan kami kunjungi adalah Metro, Lampung Timur, Pesawaran, dan Lampung Utara," ujar cerpenis nasional asal Lampung itu pula.

Ketua Komite Sastra DKL, Ari Pahala Hutabarat menambahkan, selama ini DKL mengundang pelajar atau pun guru ke Bandarlampung.

Namun kurang ditanggapi dengan alasan kesibukan mengajar atau pun karena sedang ujian.

"Sekarang DKL yang jemput bola. Kami akan mengundang sastrawan untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang bisa bekerjasama. Tapi sementara, kami jadwalkan hanya tiga wilayah karena terkendala anggaran," ujar Ari yang juga Direktur Artistik Komunitas Berkat Yakin (KoBer) itu pula.

Di Kabupaten Pesawaran, kata Ari lagi, dijadwalkan selain memberikan apresiasi kepada pelajar juga kepada guru-guru di sana.

Lalu di Metro akan bekerjasama dengan Dewan Kesenian Metro dan Lampung Timur.

"Di Lampung Utara, kemungkinan akan bekerjasama dengan Dewan Kesenian Lampung Utara dan acara dipusatkan di STKIP Muhammadiyah Kotabumi, mengingat perguruan tinggi ini memang peduli dengan kegiatan sastra," kata Ari lagi

Ketua Bidang I (Teater dan Sastra) DKL, Isbedy Stiawan ZS mengatakan, Komite Sastra DKL tahun ini telah mengirim dua sastrawan ke Temu Sastrawan MPU di Yogyakarta, bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena menggelar Traveling Literary dan mendatangkan Gola Gong di Umitra Bandarlampung, dan terakhir sastrawan mengunjungi sekolah di daerah ini.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, Komite Sastra menerbitkan buku sastra para sastrawan Lampung, seperti buku puisi Agit Yogi Subandi, Arya Winanda, dan kumpulan cerpen Alexander Gb, serta buku apresiasi karya Ari Pahala Hutabarat.

Tahun berikutnya, kami berencana menerbitkan antologi cerpen dari cerpenis Lampung," ujar Isbedy pula. (B014/M019)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga