Semarang (ANTARA News) - Panitia penyelenggara berharap sebanyak 120 petinju bisa tampil pada Invitasi Tinju Amatir Jateng 2012 di Hall Tenis GOR Jatidiri Semarang, 20-24 November 2012, kata Sekum Pengprov Pertina Jateng Soedjatmiko.

"Saat ini yang sudah masuk kepada kami sekitar 48 petinju dari berbagai daerah di Jateng seperti Semarang, Banyumas, Cilacap, Surakarta, Sukoharjo, maupun Banjarnegara," katanya di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan, mereka yang tampil pada invitasi itu akan turun atas nama sekolah, Bapopsi (Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia), Pengcab Pertina, dan sasana.

Ia mengatakan, event itu sebenarnya memang program dari Bapopsi Jateng tetapi dalam penyelenggaraannya bekerja sama dengan Pertina Jateng.

"Kami berharap antusiasme tinggi dari semua pihak untuk mengirimkan petinjunya pada invitasi ini," katanya.

Invitasi Tinju Amatir Jateng itu akan dibagi dalam dua kelompok, yaitu junior yang diikuti pelajar kelompok SLTP dan kelompok umur youth yang diikuti pelajar SLTA.

Untuk SLTP akan dibagi dalam beberapa kelas mulai 42 hingga 57 kilogram untuk putri dan 45-60 kilogram untuk putra, sedangkan untuk SMA akan mempertandingkan kelas 45-60 kilogram untuk putri, serta 44-69 kilogram untuk putra.

Ketua Bapopsi Jawa Tengah Agus Raharjo mengatakan, selain untuk memasarkan olahraga tinju di kalangan pelajar, invitasi itu juga sebagai ajang penjaringan petinju-petinju terbaik.

"Nantinya petinju muda hasil `talent scooting` tersebut akan dipersiapkan tampil pada Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) di Jakarta, September 2013," katanya.

(H015/M029)