Sabtu, 1 November 2014

Sulbar targetkan 15 jembatan rampung 2013

| 2.072 Views
id proyek jembatan, 15 jembatan, jembatan trans sulawesi
Sulbar targetkan 15 jembatan rampung 2013
Ilustrasi - Pengerjaan proyek jembatan. (ANTARA/Rosa Panggabean)
Proyek pembangunan 15 paket ini sementara dalam tahap pekerjaan yang diharapkan tuntas hingga masa kontrak yang telah ditentukan
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menargetkan 15 paket proyek multi tahun, pembangunan jembatan, rampung hingga 2013.

"Pembangunan 15 jembatan sepanjang jalur trans Sulawesi bagian barat ini ditargetkan selesai paling lambat Agustus 2013." kata Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBJN) Wilayah I Provinsi Sulawesi Barat, Romul Parawesi di Mamuju, Kamis.

Jumlah jembatan sebanyak itu sesuai dengan masa kontrak proyek pembangunan yang didanai langsung Kementerian Pekerjaan Umum yang diplot melalui APBN tahun anggaran 2012,

Menurut dia, 15 paket proyek pembangunan jembatan ini akan menghabiskan anggaran hingga mencapai Rp86 miliar dan tersebar pada tiga kabupaten di Sulbar yakni Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju.

Proyek pembangunan jembatan di Mamuju, kata dia, tersebar pada empat titik yakni pembangunan jembatan di daerah Galung-Galung dan Jembatan Karanamu, Kecamatan Tappalang dan kemudian pembangunan Jembatan Rimuku, Kecamatan Mamuju dan pembangunan Jembatan Bolong di Kecamatan Simboro.

"Khusus untuk pembangunan Jembatan Rimuku dengan panjang 15 meter dan lebar 12 meter ini akan dipercepat. Minimal rampung pada Januari 2013. Karena itu, pengalihan jalan akibat pembangunan jembatan Rimuku ini akan berlangsung selama tiga bulan," katanya.

Sedangkan untuk pembangunan Jembatan Bolong, kata dia, akan memakan waktu lama karena memiliki panjang bentangan hingga 103 meter dan lebar sembilan meter.

Ia mengatakan, pembangunan jembatan di wilayah Kabupaten Majene terdapat 10 paket masing-masing berada di daerah Teppo Dua, Sumakuyu, Pumbiu, Galung-Galung, Rawang-Rawang, Sulai, Laiyya, Toli-Toli, Onang dan Takombe.

"Pembangunan jembatan di Kabupaten Polman hanya satu paket berada di daerah Pippola. Proyek pembangunan 15 paket ini sementara dalam tahap pekerjaan yang diharapkan tuntas hingga masa kontrak yang telah ditentukan," ungkap Romul.

(KR-ACO)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca