Minggu, 21 September 2014

Arak-arakan kirab budaya ramaikan Cirebon

Kamis, 15 November 2012 18:36 WIB | 2.055 Views
Cirebon (ANTARA News) - Arak-arakan Kirab Budaya dalam kegiatan pergantian tahun baru Islam 1 Muharam 1434 cukup menghibur ribuan masyarakat di daerah Pantura Kota Cirebon, Jawa Barat, dengan menampilkan kesenian lokal.

"Arak-arakan Kirab Budaya memperingati pergantian tahun Islam, berbarengan dengan hari jadi Cirebon, cukup menghibur warga mereka menantikan sebelumnya acara tersebut dimulai," kata Agus, salah seorang warga Cirebon yang turut hadir menyaksikan Kirab Budaya di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Kamis.

Menurut dia, Kirab Budaya rutin digelar oleh masyaraat Kota Cirebon, mereka tetap terhibur dengan berbagai penampilan seniman lokal, sehingga harus dilestarikan oleh generasi muda.Tidak semua daerah memiliki potensi budaya seperti Cirebon.

"Budaya tradisional Cirebon butuh pengembangan dan pembinaan supaya tetap bisa disaksikan oleh masyarakat, arak-arakan salah satu langkah memperkenalkan budaya lokal tersebut," katanya.

Sementara itu Subardi Spd Wali Kota Cirebon, menuturkan, Kirab Budaya yang diselenggarkan oleh Pemerintah Kota Cirebon, untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1434 Hijriyah, yang bertepatan dengan hari jadi Cirebon ke-643, selain itu menjadi hiburan bagi masyarakat setempat.

"Kirab Budaya Cirebon rutin dilaksanakan, tujuannya menjaga dan melestarikan budaya lokal, karena tidak semua daerah memiliki potensi seni," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga