Jakarta (ANTARA News) - Sepuluh film cerita panjang lolos untuk penilaian Dewan Juri bagi penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2012 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian dan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"AFI bertujuan untuk menggali cerita yang mencerminkan toleransi, kebersamaan dalam keberagaman dan cinta tanah air sebagai bentuk peningkatan kepedulian atas seni pandang dengar, berbasis pada nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa," demikian kata Panitia Pelaksana AFI 2012 Yus Sasono Seputro dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis.

Kesepuluh film yang akan dinilai juri adalah Brandal-Brandal Ciliwung (PT. Maxima Entertainment ), Cita Citaku Setinggi Tanah (PT. Kreasi Cinema Mediatama), Garuda Di Dadaku 1 (PT. Sinema Bentang Oetama ), Hafalan Sholat Delisa (PT. Kharisma Starvision Plus), Mata Tertutup (PT. Karya SET Film).

Juga masuk dalam penjurian adalah film Perahu Kertas 1 (PT. Kharisma Starvision Plus), Negeri 5 Menara (PT. Itopia Group), Rumah Di Seribu Ombak (PT. Tabia Media Kreasi), Soegija (PT. Alam Media), dan Tanah Surga... Katanya (PT. Demi Gisela Citra Sinema & PT. Gatot Brajamusti Film).

Kesepuluh film itu diluluskan oleh Tim Juri Seleksi AFI 2012 yang terdiri atas dr. Amoroso Katamsi, Sp.Kj., M.M; Prof Dr. Muji Sutrisno, Areng Widodo, Drs. Nunus Supardi, R.Ay. Datu Anggraini, S.E., M.A., Teguh Esha, dan George Kamarullah yang menyeleksi film-film yang masuk pada tanggal 8--13 November 2012 lalu.

Penilaian akhir akan dilakukan oleh Dewan Juri Film Cerita Panjang/Bioskop AFI 2012, yang terdiri atas Prof. Dr. Arief Rahman , Dr. Imam Prasodjo, Prof. Dr. Tjipta Lesmana, M.A., George Kamarullah, dan Dr. Mathius Ali.

"Penilaian akan terdiri atas dua tahap yaitu penentuan unggulan (nominee) dan film terunggul serta unsur terunggul," papar Yus Sasono.

Penghargaan nantinya akan diberikan untuk film cerita panjang atau film bioskop terunggul sebagai film pemenang, serta penghargaan unsur terunggul: pemeran utama pria, pemeran utama wanita, sutradara, pengarah sinematografi, penulis skenario cerita asli, pengarah artistik, penyunting gambar, dan penata musik.

"Dewan Juri Film Cerita Panjang/Bioskop AFI 2012 juga akan menetapkan penghargaan khusus untuk pemeran pendukung pria, pemeran pendukung wanita, dan penata suara," kata Yus Sasono.

Sebelumnya, 26 dari 90 film bioskop yang lulus sensor selama periode November 2011 sampai dengan Oktober 2012 dinyatakan sebagai film peserta AFI 2012 berdasarkan hasil verifikasi Tim Teknis Komite Seleksi Panitia Pelaksana AFI 2012.

Namun karena ada masalah administrasi yang tidak terpenuhi, maka Panitia AFI 2012 hanya menyerahkan 18 judul film kepada Tim Juri Seleksi Film Cerita Panjang/Bioskop AFI 2012.

Dewan Juri AFI 2012 dijadwalkan melakukan penjurian dengan menonton 10 film pilihan di gedung bioskop XXI plaza FX, Senayan, Jakarta pada tanggal 19-22 November yang akan datang.

AFI 2012 juga akan mengumumkan film terunggul dalam kategori film dokumenter, film cerita pendek, dan film animasi dengan Dewan Juri Film Dokumenter AFI 2012 ialah Andi Arnold, Agus Wijoyono, Gerzon Ayawaila, I.G.P. Wiranegara dan Ainun Ridho.

Sementara itu, Dewan Juri Film Cerita Pendek dan Film Animasi ialah Boy Sandroto, Marulli Ara, Zul Azmi, Safii Sarim, dan Willy Hangguman.

(A043)