Sabtu, 30 Agustus 2014

Muhaimin kampanye "Jangan Berangkat Kalau Belum Siap"

Selasa, 20 November 2012 15:45 WIB | 1.788 Views
Muhaimin kampanye
Menakertrans Muhaimin Iskandar (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan sedang menyosialisasikan slogan "Jangan berangkat kalau belum siap" terhadap calon tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Dalam sosialisasi dan kampanye itu kami menghimbau agar masyarakat tidak terbujuk ajakan menjadi TKI secara ilegal," kata Muhaimin Iskandar dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Selasa.

Muhaimin Iskandar mendatangi Komisi IX DPR untuk menjelaskan kondisi TKI di luar negeri. Kejadian terakhir yang menimpa TKI adalah dugaan perkosaan yang dilakukan oknum Polisi Diraja Malaysia.

Selain menyosialisasikan slogan "Jangan berangkat kalau belum siap", khusus untuk TKI di Malaysia, Muhaimin mengatakan juga menempuh jalur diplomasi.

"Kami menitipkan kepada Kementerian Luar Negeri agar mendesak Pemerintah Malaysia supaya menindak dan menghukum warga negaranya yang mempekerjakan TKI di luar ketentuan secara ilegal," katanya.

Muhaimin mengatakan sudah bertemu dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja Malaysia dan pemerintah negeri jiran itu sudah sepakat untuk tidak mempekerjakan TKI di luar prosedur.

"Langkah politis terus dilakukan untuk menekan Pemerintah Malaysia supaya tidak mempekerjakan TKI secara ilegal. Di dalam negeri juga terus diupayakan agar tidak ada TKI yang berangkat di luar prosedur," tuturnya.

Menurut dia, moratorium yang diberlakukan Pemerintah Indonesia dengan menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia sudah berhasil memaksa negeri jiran itu untuk meneken perjanjian baru yang lebih melindungi TKI.
(D018)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga