Banyuwangi (ANTARA News) - Sebanyak 12 tim profesional telah mendaftar untuk mengikuti lomba balap sepeda "Banyuwangi Tour de Ijen" yang digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 7-9 Desember 2012.

Ketua Panitia Banyuwangi Tour de Ijen Guntur Priambodo, Sabtu mengatakan, 12 tim tersebut terdiri dari delapan tim berasal dari berbagai negara, sedangkan empat tim sisanya berasal dari Indonesia.

"Total keseluruhan atlet yang akan berlaga, baik atlet asing maupun lokal sebanyak 60 peserta, namun tidak menutup kemungkinan jumlah peserta akan terus bertambah karena lomba balap sepeda akan digelar dua pekan lagi," tuturnya.

Menurut dia, tim asing yang telah mendaftar adalah tim Track Astana dari Kazakhstan, RCCC Presented by EHBS dari Australia, kemudian China mengirimkan dua tim yakni Max Success Sports dari yang terdiri dari atlet China dan tim gabungan Hong Kong-China.

"Malaysia membawa dua tim yakni Trengganu Cycling Team dan Malaysia National Team (MNT), namun ada juga tim dengan atlet beberapa negara seperti CCN Cycling team yang terdiri dari atlet Denmark, Jerman, Belanda, Brunei dan Indonesia," paparnya.

Ia menjelaskan masing-masing tim asing tersebut membawa lima atlet dan seluruh tim asing yang mengikuti Banyuwangi Tour de Ijen merupakan tim balap sepeda yang berlaga di Tour de Asia, kecuali tim Astana dari Kazakhstan yang telah memiliki pengalaman balap sepeda Tour de Eropa.

"Tim sepeda dari dalam negeri antara lain Binong Baru Club Pessel, Cikeas Cycling, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Probolinggo, dan Translibas Cycling Team," ujarnya.

Lomba balap sepeda Banyuwangi Tour de Ijen telah resmi terdaftar dalam agenda rutin Organisasi Balap Sepeda Internasional (UCI), dan kegiatan itu akan digelar Pemkab Banyuwangi secara berkelanjutan.

Banyuwangi Tour de Ijen yang merupakan rangkaian Banyuwangi Festival 2012 akan menempuh tiga stage yang melintasi 12 kecamatan di kabupaten paling timur Jatim itu.

Di stage pertama yang memiliki jarak tempuh 11,7 kilometer, peserta akan bersepeda dari Banyuwangi menuju Pulau Merah dengan melalui rute yang sepanjang jalannya dipenuhi pemandangan laut dan alam yang alami.

Pada stage kedua berjarak tempuh 147,4 kilometer, dimulai dari arah Kecamatan Kalibaru menuju ke kawasan Gunung Ijen, kemudian dilanjutkan di stage ketiga, ada Banyuwangi Circuit Race dengan jarak tempuh 110 kilometer atau 10 laps.

(ANT-070/C004)